3 Kuliner Khas Maluku Dari Olahan Ikan Ini Bisa Bikin Kamu Makin Ngiler!

Berbicara mengenai wisata kuliner di Indonesia memang tidak pernah ada habisnya. Anda dapat menemukan beragam kuliner menarik khas dari wilayah tertentu yang tersebar luas di kepulauan Indonesia. Salah satu wilayah Indonesia yang wajib Anda coba kuliner khasnya yaitu Kepulauan Maluku.

Selain terkenal dengan wisata alam yang menarik, Kepulauan Maluku juga dikenal dengan kuliner olahan ikan khas dan menjadi hidangan yang wajib wisatawan coba selama berkunjung. Hal ini dikarenakan Maluku yang berada di daerah perairan Indonesia. Bagi Anda yang berkunjung ke Maluku, jangan lewatkan wisata kuliner ikan enak berikut ini.

3 Kuliner Khas Maluku Dari Olahan Ikan Yang Wajib Dicoba

Gaho Ikan

Kuliner olahan ikan ini menjadi primadona para wisatawan ketika berkunjung ke Maluku. Kuliner khas Maluku ini berbahan dasar Ikan Cakalang atau Ikan Tuna mentah. Makanan ini mirip dengan Shasimi Jepang karena diolah dengan cara daging ikan dipotong dadu lalu dilumuri garam dan lemon serta ditambahkan berbagai bumbu yang membuat masakan ini tambah lezat.

Kuliner khas Maluku Gohu Ikan memiliki citarasa masakan yang unik. Segarnya daging ikan bercampur dengan rasa gurih, asam, dan sedikit manis. Makanan ini tergolong sehat karena tidak tercampur bahan kimia sama sekali. Anda dapat menikmati rasa lezat Gohu Ikan disantap dengan nasi atau bubur sagu. 

Ikan Asar

Wisata kuliner satu ini biasanya memilki nama lain Ikan Asap. Ikan yang dipilih biasanya Ikan Tuna atau Cakalang karena kedua ikan tersebut tahan terhadap proses pengasapan. Anda dapat menikmati lezatnya Ikan Asar selama di Maluku atau dibawa pulang untuk oleh-oleh orang rumah tersayang. Jenis kuliner khas Maluku satu ini bida tahan sampai 7 hari.

Cara pengasapan Ikan Asar yaitu menggunakan tusukan bambu. Proses pengasapan kuliner khas olahan ikan ini hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam. Anda dapat menikmati kuliner khas Maluku ini bersamaan dengan nasi dan sambal khas maluku, Sambal Colo-colo. Tidak heran apabila masakan ini menjadi salah satu buruan wajib bagi para wisatawan.

Ikan Kuah Pala Banda

Kuliner olahan ikan lainnya yang terkenal dari Maluku yaitu Ikan Kuah Pala Banda. Masyarakat Maluku memang dikenal kreatif dalam mengolah bahan masakan. Sesuai namanya, masakan ini awalnya ditemukan di kepulauan Banda, Maluku Tengah. Sejak zaman Belanda, daerah kepulauan tersebut terkenal penghasil komoditas rempah-rempah.

Bahan utama yang digunakan untuk menghasilkan santapan lezat ini yaitu Ikan Kakap dan Ikan Kerapu. Berbagai rempah-rempah dibutuhkan untuk memasak kuliner khas ini, seperti pala, merica, dan rempah lainnya. Kuliner khas Maluku memiliki cita rasa pedas bercampur asam. Anda dapat menyantap kuliner ini dengan nasi, sambal bekasang, dan ulang-ulang.  

Leave a Comment