3 Kuliner Legendaris Solo yang Tak Lekang Oleh Zaman Ini Patut Dicoba

Solo The Spirit of Java, kota yang penuh dengan sejarah dan legenda. Sang maestro legenda keroncong, Gesang dan Waljinah juga berasal dari kota Solo. Perpaduan antara modernisasi dan tradisi bisa kita temui di kota yang dikenal dengan Pasar Klewer dan Sungai Bengawan ini. Masih banyak hal yang sudah berumur puluhan tahun bisa kita temui di kota tersebut termasuk dalam hal kuliner.

Mungkin Solo memang tidak seperti Yogyakarta yang identik dengan gudeng tetapi bukan berarti tidak terdapat kuliner legendaris disana. Solo hingga saat ini masih menyimpan banyak sejarah dan kenangan termasuk melalui kuliner yang telah berusia puluhan tahun dan mengalami banyak pasang surut. Sebagai tempat kuliner yang telah lama ada tentunya cita rasa menjadi bagian penting yang selalu dijaga oleh pengelolanya.

Itulah yang membuat mereka mampu bertahan hingga sekarang meskipun telah bertebaran tempat makan modern di mal-mal. Penasaran ingin datang dan mencicipi tempat makan legendaris di Kota Solo, inilah daftarnya.

3 Restoran dan Rumah Makan Legendaris di Solo

Kusuma Sari

Resto yang beralamat di Jalan Yos Sudarso, Solo tidak jauh dari hotel Novotel ini memiliki menu andalah yang tidak terkalahkan rasanya sejak awal berdiri. Menu tersebut adalah selat solo dan kroket mayo.

Memang banyak penjual selat di kota tersebut karena memang merupakan makanan khas Solo tetapi cita rasa berbeda. Selat Kusuma Sari memiliki rasa kuah kaldu sapi yang lebih lite sehingga gurih dan tidak enek.

Kuah yang tidak terlalu manis dipadu dengan mayones yang asam dilengkapi dengan irisan bawang merah mentah menambah kesegaran selat dari Kusuma Sari. Tidak kalah nikmat adalah kroket mayo, paduan kentang yang gurih, tepung panir renyah dan mayones homemade yang asamnya pas akan membuat lidah ketagihan. Kalau mampir ke resto ini jangan lupa mencicipi juga es krim atau es puter unggulan Kusuma Sari. Dijamin akan nagih.

Soto Gading

Rumah makan ini sering menjadi langganan pejabat dari Jakarta bahkan beberapa Presiden RI. Soto Gading mampu bertahan hingga sekarang meskipun telah banyak muncul warung soto lainnya.

Lokasinya berada di Brigjen Sudiarto, Solo yang merupakan warung pertama dan di beberapa tempat lainnya. Sajian soto ayam menjadi andalan dari Soto Gading ini. Kalau kamu ingin mencoba rasa dari soto legendaris tersebut kamu bisa menuju arah selatan dari Keraton Solo.

Serabi Notosuman

Semua orang Solo pasti tidak asing dengan rasa dan nama serabi satu ini. Ya, namanya adalah Serabi Notosuman yang berada di Jalan Muh. Yamin, Solo. Notosuman sendiri diambil dari nama daerah dimana serabi tersebut diproduksi. Saking terkenalnya sehingga orang harus antri sejak pagi kalau tidak ingin kehabisan serabi yang enak, gurih dan legit tersebut.

Leave a Comment