4 Destinasi Wisata Buat Kamu yang Rindu Satwa Liar

Salah satu destinasi wisata yang sangat disukai anak-anak ialah kebun binatang. Pada dasarnya, konsep yang diusung oleh kebun binatang ini memang bagus yaitu untuk memperkenalkan aneka macam fauna kepada masyarakat. Akan tetapi, jika hendak dilihat lebih jauh lagi kehidupan fauna yang ada di kebun binatang ini mirip seperti penjara yang membatasi ruang gerak hewan di dalamnya.

Jelas konsep ini tidak cocok buat kamu yang mengadopsi konsep hidup bebas di alam liar. Karena itu, alih-alih mengunjungi kebun binatang, kamu lebih disarankan untuk mengunjungi kelima destinasi di bawah ini jika ingin bercengkerama langsung dengan para satwa liar tersebut, antara lain

4 Objek Wisata untuk Berinteraksi Langsung dengan Satwa Liar

Kangaroo Island

Destinasi yang pertama ialah Kangaroo Island. Sesuai dengan namanya, destinasi yang satu ini tidak ada di Indonesia, melainkan di negara tetangga, Australia sana. Dan sudah menjadi rahasia umum bahwasanya pulau yang hanya terdiri atas satu negara ini adalah tempat hidup bagi para kanguru dan singa laut.

Hati-hati ya, karena kalau kamu melakukan pergerakan yang mencurigakan, maka kedua hewan ini terutama singa laut  akan langsung bersikap waspada. Bahkan tidak menutup kemungkinan juga kamu akan diserang olehnya.

Taman Nasional Alas Purwo

Lanjut ke destinasi di Indonesia, ada yang namanya Taman Nasional Alas Purwo. Tepatnya, Taman Nasional Alas Purwo terletak di Kecamatan Tegaldlimo, dimana Kecamatan Tegaldlimo itu sendiri adalah bagian dari Kabupaten Banyuwangi. Total luasnya sekitar 43.420 hektar dan terbagi menjadi beberapa zona yaitu zona penyangga, zona pemanfaatan, zona rimba dan zona inti.

Ada banyak tumbuhan khas di taman nasional satu ini. Bagaimana dengan faunanya? Banyak juga. Bahkan Taman Nasional Alas Purwo ini menjadi habitat asli dari beberapa jenis satwa liar seperti kucing bakau, macan tutul, rusa, ayam hutan, burung merak, banteng dan lutung budeng.

Puru Kambera

Pernah mendengar nama Puru Kambera? Ya, ini adalah destinasi selanjutnya yang bisa kamu tuju jika ingin menikmati waktu luang dengan cara mengamati satwa liar beraktivitas. Tempat ini ada di Sumbawa, Nusa Tenggara Timur. Sejatinya, Puru Kambera merupakan padang savana yang pada saat musim kemarau akan berwarna kekuningan, layaknya savana yang ada di Afrika sana.

Puru Kambera ini menjadi tempat hidup bagi kuda liar Sumba. Mereka biasa bergerombol dan hidup dengan bebas di padang rumput ini. Tapi, kalau kamu memang berniat untuk melihat para kuda liar tersebut, datangnya saat musim kemarau saja ya. Karena di musim kemarau inilah kuda-kuda lebih sering menunjukkan dirinya dibandingkan saat musim penghujan.

Pulau Rinca

Kali ini ke destinasi yang lebih ekstrem, yaitu ke Pulau Rinca. Pulau Rinca itu sendiri adalah bagian dari Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur dan menjadi tempat hidup bagi para komodo. Sekedar informasi, komodo yang hidup di Pulau Rinca ini konon katanya lebih agresif dibandingkan dengan komodo yang ada di Pulau Komodo sendiri. Berani pergi ke sana?

Leave a Comment