5 Hal Menarik dari Savana Bekol, Afrikanya Indonesia!

Indahnya Padang Savana di Afrika sudah terkenal di seluruh dunia. Padang Savana yang memang luas dan berisi banyak hewan-hewan khas padang Savana. Namum ternyata, bukan hanya Afrika yang memiliki padang Savana dan tidak perlu jauh-jauh untuk bisa menikmati pemandangan padang Savana yang indah.

5 Hal Menarik dari Savana Bekol, Afrikanya Indonesia! 1

Di Indonesia, kita juga memiliki Padang Savana loh, namanya adalah Savana Bekol yang menjadi satu dalam Taman Nasional Baluran. Seperti apakah Savana ini?

Mengunjungi Savana Ala Afrika Milik Indonesia, Savana Bekol

Terletak di Taman Nasional Baluran

Savana bekol merupakan padang Savana yang cukup luas, yang menjadi bagian dari Taman Nasional Baluran. Jika kita melihat di Peta, maka Taman Nasional Baluran ini sangat dekat sekali dengan Banyuwangi. Namun meski jaraknya dekat dengan Banyuwangi, pengelolaan Taman Nasional Baluran ini sudah masuk wilayah Situbondo.

Taman Nasional Baluran yang terletak di bagian Timur Pulau Jawa Timur ini bisa jadi merupakan satu-satunya Padang Savana yang dimiliki oleh Indonesia. Karena pemandangannya yang sangat mirip dengan Padan Savana di Afrika, maka banyak orang menyebutnya sebagai Padang Savana-nya Indonesia.

Transportasi Menuju Savana

Nah, untuk mencapai Savana Bekol yang berada di tengah hutan Taman Nasional Baluran ini, pengunjung harus menempuh jarak sekitar 13 KM dari pintu masuk Taman Nasional Baluran. Di bagian depan ada persewaan mobil Jib, jika ingin menuju ke Savana Bekol dengan lebih mudah dan nyaman.

Namun, pengunjung juga bebas menuju Sana Bekol dengan menggunakan sepeda motor. Jalan menuju Savana Bekol belum diaspal, sehingga masih ada banyak batuan di sana-sini. Jadi, harus berhati-hati ya.

Pemandangan yang Indah

Dalam perjalanan menuju Sava Bekol, pengunjung akan disuguhi pemandangan hijau di hutan Taman Nasional Baluran. Jika beruntung, pengunjung bahkan bisa melihat berbagai jenis hewan khas Taman Nasional Baluran yang dilindungi, seperti monyet, burung merak dan berbagai jenis burung lainnya.

Di tengah perjalanan itu, pengunjung juga akan disuguhi oleh bagian yang diberi nama Evergreen Forest, yang merupakan bagian hutan di dalam Taman Nasional Baluran yang selalu tumbuh hijau sepanjang tahun apapun cuacanya. Wah, sungguh asri dan unik ya!

Adanya Pos Pemantauan

Nah, setelah melewati kurang lebih perjalanan selama 13 km, maka pengunjung akan sampai pada Padang Savana Bekol. Ketika sampai, pengunjung akan melihat adanya bangunan yang merupakan tempat pos pantau, yang digunakan oleh penjaga Savana Bekol. Pengunjung bisa memarkir kendaraannya di sekitar bangunan ini.

Keindahan Savana Bekol

Indahnya padang Savana Bekol yang luas dan diselimuti oleh rumput hijau ini akan membuat semua rasa capai saat perjalanan menjadi hilang. Pengunjung bisa langsung berfoto ria di sekitar Savana Bekol dengan latar belakang pemandangan gunung yang indah.

Selain pemandangan padang savana yang luas dan indah, pengunjung juga bisa melihat hewan-hewan seperti rusa, kerbau, dan juga monyet di daerah ini. Suasanya benar-benar benar sangat mirip dengan di daerah Afrika.

Apalagi jika pengunjung datang pada saat musim kemarau, maka.nuansa gersang dan semi hijau akan menciptakan kesan padang Savana yang indah. Karena keindahan lokasi ini, banyak sekali yang memanfaatkan Savana Bekol sebagai lokasi untuk foto preweeding.

Saat paling tepat untuk berkunjung adalah saat musim kemarau, dan lebih baik Anda tidak berkunjung pada saat musim hujan ya, selain karena cukup beresiko saat Anda menempuh perjalanannya, lokasi di sekitar padang savana pun akan banyak yang becek dan basah. Hal ini juga akan menyulitkan pengunjung yang menggunakan kendaraan seperti sepeda motor. Bagaimana, sudah siapkah Anda berpetualang di Savana Bekol? Yuk, siapkan kamera dan pose terbaik!

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]
0 Shares

Leave a Comment