5 Rekomendasi Kuliner Magelang yang Wajib Dicoba

5 Rekomendasi Kuliner Magelang yang Wajib Dicoba 1

Wisata kuliner termasuk salah satu agenda yang wajib bagi kamu yang sedang bepergian ke suatu tempat. Termasuk saat bepergian ke kota Magelang yang kecil dan dikelilingi gugusan pegunungan.

Tapi sebagai kota yang berada di dataran tinggi, cuaca di Magelang masih cukup sejuk dan akan membuat kamu merasa lapar terus. Oleh karena itu sangat wajib untuk mengagendakan wisata kuliner di Magelang dengan banyak rekomendasi yang dapat dipilih.

5 Rekomendasi Kuliner Magelang yang Wajib Dicoba 2

Berikut 5 Wisata Kuliner di Magelang

Mangut Beong Sehati Borobudur

Bagi kamu yang suka dengan ikan, ada tempat makan dengan sajian ikan beong atau semacam lele besar yang hidupnya di sungai Progo. Ikan Mangut ini dimasak pedas dengan aneka bumbu rempah serta kuah santan yang nikmat. Harganya sendiri terjangkau, pedasnya bikin nagih dan wajib dicoba saat kamu berkunjung ke Magelang.

Sup Senerek Pak Parto

Untuk sup senerek atau kacang merah ini biasanya disajikan dengan sayuran seperti wortel, bayam, selederi, daun bawang dan irisan daging ayam atau jeroan dan daging sapi.

Disajikan dengan kuah kaldu yang segar dan bening, selain itu sup senerek ini juga termasuk akulturasi kuliner Belanda saat zaman penjajahan di Magelang. Karena saat itu tentara Belanda sering memasak Snert Soup berupa kacang polong dan disajikan saat masih hangat dengan roti.

Tapi untuk lidah Jawa, masakan ini sedikit sulit dalam pengucapannya. Oleh karena itu disebut dengan Senerek refer to kacang merah sebagai pengganti kacang polong yang tidak ada di Jawa.

Bubur Gudeng Kodim

Tidak hanya di Yogyakarta saja, Gudeng juga ada di Magelang dengan sajian yang tidak kalah nikmatnya untuk sarapan. Salah satu kedai yang paling terkenal berada di dekat Kodim dan orang-orang menyebutnya sebagai Gudeg Kodim. Untuk menu favorit pengunjung sendiri merupakan bubur gudeg krecek dengan beberapa topping lain.

Gethuk Gondok

Jika kamu sudah selesai sarapan, maka saatnya menjelajah kota Magelang dan temukan gethuk favorit dan legendaris. Tempatnya berada di pasar Rejowinangun di Jalan Mataram.

Diberi nama gondok, karena orang pertama yang memuat gethuk tersebut menderita penyakit gondok. Beliau berjualan dengan kondisinya yang membengkak di leher dan terkenal sampai saat ini.

Tahu Kupat Pojok

Untuk kuliner kupat tahu ini memang sudah ada di setiap tempat, tapi saat kamu berkunjung ke kota Magelang jangan lewatkan kuliner ini. Karena kupat tahu pojok berbeda dari kuliner kupat tahu lain, kamu juga bisa merasakannya pada kuah bumbu yang berbeda dan khas.

Ada juga tambahan tahu goreng setengah matang yang lembut. Selain itu kupat tahu pojok ini juga sudah menjadi langganan Pak Susilo Bambang Yudhoyono bersama keluarga.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]
0 Shares

Tidak Harus Ke Bali! 3 Wisata Pantai Di Tulungagung…

Nikmati liburan di pantai seperti di bali yang dapat kamu temukan di Tulungagung. Tulungagung memang belum terkenal hingga mancanegara seperti Bali. Namun, tempat ini...
Admin 2
1 min read

Suka Kuliner? Ini Dia 3 Makanan Khas Blitar Yang…

Liburan ke Blitar? Jangan lewatkan makanan khas Blitar yang akan menggoda lidah kamu! Blitar, kita yang memiliki kota patria ini terkenal dengan ikon wisata...
Admin 2
1 min read

Suka Karya Seni? 5 Galeri Seni Dan Museum Di…

Berlibur merupakan hal yang menyenangkan, semua orang suka berlibur apalagi dengan keluarga dan orang terkasih. Berlibur tidak harus jauh-jauh atau keluar negeri, di dalam...
Admin 2
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *