5 Wisata Gunung di Bali Buat Tempat Jelajah Para Pendaki

Kita mengenal Bali sebagai destinasi yang memiliki pesona alam menakjubkan, terutama pantainya. Namun, selain pantai di Bali juga ada destinasi alam lainnya yaitu gunung yang tidak kalah menakjubkan. Wisata alam gunung ini sangat cocok untuk yang hobi mendaki. Mari intip mana saja destinasi gunung yang indah di Bali.

Destinasi Gunung Paling Populer di Bali

Gunung Mangu

Gunung ini terletak di Bedugul, dengan Danau Beratan dan Danau Buyan yang mengelilinginya. Hal yang menarik adalah letak Gunung Mangu di tengah sirkum pegunungan sehingga dari titik tertingginya kamu bisa melihat semua puncak gunung di Bali. Terdapat wisata Goa Jepang yang bisa kamu kunjungi setelah atau sebelum mendaki gunung.

Gunung Batukaru

Ketinggiannya 2.276 meter di atas permukaan laut (mdpl), menjadikan gunung ini yang tertinggi kedua di Pulau Bali. Meski tidak sepopuler gunung-gunung lainnya, destinasi ini sebenarnya menyimpan banyak pesona. Di sini merupakan daerah konservasi Cagar Alam Batukaru, sekaligus penadah hujan. Gunung Batukaru juga menjadi hulu untuk banyak sungai khususnya di wilayah Bali Tengah.

Gunung Abang

Meski namanya jarang terdengar, namun sebenarnya gunung ini bersebelahan dengan Gunung Batur yang lebih terkenal. Gunung Abang memiliki ketinggian 2.151 mdpl. Ketinggiannya cocok untuk kamu yang senang mendaki. Letak gunung ini sendiri berada persis di atas kawasan pemukiman masyarakat Trunyan. Gunung yang bersejarah ini juga dikaitkan erat dengan kerajaan Majapahit.

Gunung Batur

Sesuai namanya, Gunung Batur berdampingan dengan Danau Batur yang juga merupakan objek wisata. Ketinggian gunung ini 1.717 mdpl. Gunung Batur sendiri lebih sering dijadikan tujuan wisata daripada untuk pendakian. Kamu perlu melalui kawasan Kintamani jika ingin mencapai Gunung Batur ini. Kamu pun dapat mampir di Danau Batur untuk berendam air hangat, serta mampir ke Desa Trunyan yang kaya budaya.

Gunung Agung

Gunung yang satu ini merupakan gunung tertinggi di Bali. Lokasinya berada di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem. Jadi selesai main Telaga waja rafting, kamu bisa kesini. Bisa menggunakan jalur yang sama untuk menuju Pura Besakih jika ingin ke Gunung Agung. Gunung ini sendiri sebenarnya masih berada di area yang sama dengan Pura Besakih.

Ketika sampai di puncak gunung, kamu bisa melihat pemandangan Gunung Rinjani yang berada di Lombok. Ketinggian Gunung Agung mencapai 3.031 mdpl. Kamu membutuhkan waktu setidaknya 4 jam perjalanan dari Pura Pasar Agung menuju ke gunung ini. Kalau dari Pura Besakih, memerlukan waktu sekitar 6 jam. Jika ingin mendaki, waktu paling baik adalah pada bulan Agustus.

Itulah tadi beberapa gunung keren yang sering menjadi tujuan wisata pendaki di Bali. Keunikan gunung adalah puncaknya yang menyajikanmu panorama alam indah dari ketinggian. Kamu juga bisa berfoto-foto saat berwisata ke gunung. Selamat mendaki.

Leave a Comment