6 Kuliner Garut Harga Terjangkau yang Kelezatannya Patut Dicoba

Berwisata ke suatu daerah, sangat sayang jika tidak mencoba makanan khas daerah tersebut. Makanan khas bisa jadi cerminan budaya dari daerah tersebut. Daerah Garut menyimpanan aneka pilihan kuliner kas yang kelezatannya pantas dicicipi, mulai dari ragam makanan berat hingga kue manis yang enak. Berikut ini berbagai pilihan kuliner khas Garut yang menggugah selera.

6 Kuliner Garut Harga Terjangkau yang Kelezatannya Patut Dicoba 1

Kuliner Murah dari Garut yang Sedapnya Mantap

Nasi Liwet

Jika sedang mampir ke Garut, sempatkan untuk makan nasi liwet di rumah makan Asep Strawberry. Selain nama rumah makannya yang unik, nasi liwet di tempat ini punya rasa gurih yang khas. Nasi liwet di tempat ini disajikan dengan cara yang sedikit berbeda dari tempat lain.

Sambal Cibiuk

Bagi para penggemar pedas pasti akan jatuh cinta dengan cita rasa sambal satu ini. sambal cibiuk merupakan sambal yang banyak disukai masyarakat Jawa Barat. Sambal ini punya rasa yang unik. Penampilannya sangat meriah karena adanya warna hijau bercampur merah yang berasal dari tomat, cabai rawit, dan daun kemangi. Perpaduan rawa pedas asam dan wangi dari kemangi, pasti bikin ketagihan.

Soto Ayam Garut

Makanan berkuah satu ini punya penampilan yang berbeda dari soto kebanyakan. Cita rasa kuahnya merupakan perpaduan gurih santan dan bumbu rempah yang melimpah. Uniknya lagi soto di Garut, menggunakan taburan kedelai goreng dan daun bawang. Kuah soto yang hangat ditambah dengan renyah kedelai, serta aroma yang segar menjadikan soto ini sangat pas jadi santapan kala hujan.

Bakso Aci

Bakso aci merupakan makanan kegemaran para remaja di Garut. Bakso ini dibuat dengan menggunakan tepung kanji lalu ditambah dengan kuah yang gurih. Di dalam bakso terdapat potongan kecil daging sebagai isian. Rasa kuahnya pedas dan terasa berempah. Beberapa tempat ada yang menambahkan ceker atau tulang sebagai pelengkap. Makanan ini sangat mudah didapat karena banyak yang menjajakannya.

Surabi

Makanan masih ini merupakan kue yang dibuat dari campuran tepung beras dan kelapa. Proses masaknya cukup unik, sebab kue akan dimasak di atas cetakan khusus dengan menggunakan panas dari arang. Hasilnya kue punya bentuk bundar yang agak pipih serta ada jejak bakaran pada bagian bawahnya. Teksturnya lembut sedikit kenyal dengan aroma arang yang khas.

Burayot

Makanan dengan bentuk unik ini sangat cocok jadi oleh-oleh ketika berkunjung ke Garut. Cara pembuatan makanan manis ini dengan cara digoreng. Selain bentuknya yang unik makanan ini juga punya aroma yang khas. Banyak penjual yang mengkreasikan makanan ini dengan banyak varian rasa, ada yang menambahkan rasa cokelat, durian, kacang hijau, dan lain-lain.

Kunjungan ke tempat wisata terasa lebih sempurna jika mencicipi beragam kekayaan kuliner daerah tersebut. Saat datang ke Garut jangan lewatkan jajanan enak yang murah meriah seperti surabi, nasi liwet, burayot, dan makanan lainnya. Rasa khas dari makanan tersebut membuat wisata ke Garut jadi tak terlupakan.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]
0 Shares

Leave a Comment