6 Wisata Bersejarah Makassar, Saksi Bisu Peristiwa Masa Lalu

Di Makassar, ada banyak destinasi menarik yang selalu berhasil mempesonamu. Tidak hanya wisata alam dan kulinernya saja, namun di kota ini juga ada tempat-tempat bersejarah untuk ditelusuri. Tempat penuh sejarah tersebut masing-masing memiliki nilai tersendiri dari peristiwa masa lalu yang pernah terjadi di sana. Ayo jelajahi berbagai tempat bersejarah yang ada di Makassar.

Destinasi Bersejarah yang Wajib Dikunjungi di Makassar

Museum Kota Makassar

Di Makassar ada sebuah museum yang terletak di Jalan Balaikota No.11. Dari Bandara Internasional Sultan Hassanudin, jaraknya sekitar 25 km. Lokasi museum ini memang berada persis di tengah kota Makassar. Bangunannya tua dan memiliki arsitektur bergaya Belanda. Museum ini memiliki nilai sejarah yang kental karena merupakan peninggalan Belanda ketika masa penjajahan dulu.

Benteng Fort Rotterdam

Benteng ini sangat terkenal dan menjadi salah satu destinasi paling ramai dikunjungi di Makassar. Masyarakat setempat juga menyebutnya dengan nama benteng Panyyua atau Jum Pandang. Di sini juga ada museum bernama Lagaligo yang mengisahkan tentang adat dan budaya khas Sulawesi Selatan. Benteng peninggalan masa penjajahan Belanda ini juga wajib kamu kunjungi kalau ke Makassar.

Monumen Mandala

Selanjutnya, ada Monumen Mandala yang juga merupakan tempat wisata sejarah di Makassar. Monumen ini terletak di pusatnya kota Makassar dan dibangun dengan tujuan mengenang masa terdahulu ketika pembebasan Irian Barat. Kamu akan menjumpai simbol Trikora yang berupa bangunan berbentuk segitiga di sana. Di dalam bangunannya ada pula macam-macam relief yang melukiskan pembebasan wilayah Irian Barat.

Monumen Korban 40.000 Jiwa

Dari namanya, kamu bisa mengetahui latar belakang dibangunnya monumen ini. Monumen yang terletak di Jalan Korban 40.000 Jiwa ini, dibangun untuk mengenang peristiwa pembantaian pejuang Sulawesi Selatan, oleh pasukan Belanda yang diperintahkan oleh Kapten Raymond Pierre Paul Westerling. Peristiwa tersebut juga disebut dengan Pembantaian Westerling.

Makam Pangeran Diponegoro

Makam Pangeran Diponegoro juga merupakan destinasi bersejarah yang wajib kamu kunjungi. Tempatnya berada sekitar 17 km dari Bandara Internasional Sultan Hassanudin.

Makam tersebut terletak dekat dengan kawasan Pasar Sentral Makassar. Tempat ini merupakan kompleks makam Pangeran Diponegoro beserta keluarganya. Pangeran Diponegoro adalah tokoh yang sangat dihormati dan dibanggakan di Makassar.

Makam Raja-Raja Tallo

Kalau tempat yang satu ini akan membawamu pada kenangan masa Kerajaan Talo di masa lampau. Kompleks pemakaman Raja-Raja Talo merupakan peninggalan masa Kerajaan Talo yang tetap ada hingga sekarang. Kamu bisa mengunjungi tempat ini yang berlokasi di Jalan Sultan Abdullah Raya, Tallo, di kota Makassar. Kamu bisa merasakan kentalnya nuansa sejarah bercampur budaya di sini.

Itulah sederet tempat bersejarah yang bisa kamu kunjungi di Makassar. Ada yang sudah pernah kamu datangi?

Leave a Comment