7 Kuliner dari Papua dengan Cita Rasa Unik, Patut untuk Dicoba

Makanan khas di Indonesia sangatlah beragam. Para pecinta kuliner nusantara tentu ingin mencoba berbagai kuliner daerah yang unik dan enak. Papua bisa jadi salah satu destinasi kuliner yang menantang. Walaupun lokasinya cukup jauh, Papua memiliki ragam kuliner yang unik serta pemandangan alam yang mempesona. Jadi layaklah untuk pergi jauh ke Papua. Berikut ini macam kuliner enak dari Papua.

Kuliner Khas Papua yang Enak dan Berbeda

Kue Lontar

Kue lontar punya rasa manis dengan tekstur yang lembut. Kue ini mirip dengan pie susu. Kue ini banyak dicari pada wisatawan yang datang ke Papua maupun oleh warga lokal. Kue lontar disajikan dengan beragam varian topping, ada yang menggunakan cokelat, keju, kismis, dan lain sebagainya.

Ikan Bakar Manokwari

Ikan bakar ini punya cita rasa dan aroma yang khas. Perpaduan dari bumbunya sangat seimbang di lidah. Apalagi ditambah dengan rasa pedas dari bumbu bakarannya, membuat masakan ini sangat nikmat. Para pecinta kuliner tentu tidak boleh melewatkan makanan satu ini saat berkunjung ke Papua.

Sagu Lempeng

Makanan sagu  satu ini sebenarnya bisa ditemukan tidak hanya di Papua tapi juga di Maluku, kalimantan, dan riau. Pembuatan sagu ini tidak berbeda dengan pembuatan kue pada umumnya, yang membedakan adalah penggunaan sagu sebagai bahan utama. Kue ini jarang di jual sebab masyarakat Papua membuat sagu lempeng sebagai makanan rumah dan dikonsumsi untuk keluarga.

Sate Ulat Sagu

Bagi para pecinta makanan ekstrem tentu sudah tidak asing dengan makanan berbahan ulat sagu ini. Meskipun terlihat aneh, nyatanya makanan ini punya cita rasa yang unik dan kaya akan manfaat. Jika berkunjung ke Papua cobalah masakan satu ini, hitung-hitung untuk menambah pengalaman kuliner biar makin beragam.

Ikan Bungkus

Ikan bungkus sepintas mirip dengan pepes. Meskipun ada kemiripan namun ikan bungkus Papua ini menggunakan pembungkus yang berbeda. Jika kebanyakan daerah menggunakan daun pisang, ikan ini di bungkus dengan memakai daun talas. Selain itu, ikan yang dimasak bukan ikan tawar tapi ikan laut. Jadi, hasil masakannya akan punya aroma dan rasa lezat yang berbeda.

Papeda

Papeda sudah sangat melekat dengan kuliner Papua. Makanan berbahan sagu ini punya tekstur yang unik dan warna yang bening keputihan, makanan ini kental dan lengket mirip dengan tekstur lem kertas. Rasa masakan ini hanya hambar, jadi untuk mengkonsumsinya dibutuhkan tambahan lauk lainnya seperti masakan ikan tongkol yang berkuah.

Ikan Bakar Sambal Colo-Colo

Satu lagi kuliner enak dari Papua adalah ikan bakar dengan sambal colo-colo. Masakan ini sangat terkenal di daerah Timika. Makanan ini terbuat dari ikan yang dibakar lalu dicampur dengan sambal colo-colo yang dibuat dari jeruk nipis, cabe, tomat, dan bumbu lainnya.

Makanan khas di Indonesia seakan tidak pernah habis untuk dicoba. Keragaman kulinernya sangat kaya dan melimpah. Kuliner Papua merupakan salah satu kekayaan kuliner Indonesia yang tidak bisa dipandang remeh. Makanannya sangat unik mulai dari makanan berbahan sagu hingga ulat sagu. Ketika datang ke Papua sempatkan untuk mencoba macam kuliner lezat yang memikat.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Leave a Comment