Air Terjun Tumpak Sewu, Niagara Falls yang Memukau Ala Indonesia

Niagara Falls adalah salah satu air terjun yang sangat populer di dunia. Terjunan airnya melebar sehingga mirip tirai. Namun alirannya sangat deras sehingga juga dikenal sebagai air terjun yang terkuat di Amerika Utara. Adakalanya juga air terjun ini memunculkan pelangi yang sangat cantik sehingga tidak heran jika banyak orang yang tertarik untuk mengunjunginya.

Air Terjun Tumpak Sewu, Niagara Falls yang Memukau Ala Indonesia 1

Namun sayang, tidak semua orang memiliki kesempatan emas tersebut karena selain lokasinya yang sangat jauh, biaya yang diperlukan untuk sampai ke sana juga cukup banyak. Tapi jangan sedih dulu, karena Indonesia juga punya Niagara Falls yang khas dan sangat bisa kamu nikmati. Salah satunya bernama Air Terjun Tumpak Sewu yang ada di Lumajang.

Berbagai Hal Tentang Air Terjun Tumpak Sewu

Lokasi

Berbicara soal lokasi, Air Terjun Tumpak Sewu ini ada di perbatasan antara Kabupaten Malang dengan Kabupaten Lumajang. Namun, secara administratifnya, air terjun ini masih merupakan bagian dari Kabupaten Lumajang. Lokasi tepatnya sendiri adalah di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

Alasan dibalik Nama Air Terjun Tumpak Sewu

Sama seperti Air Terjun Niagara, Air Terjun Tumpak Sewu ini juga mempunyai terjunan air yang bentuknya melebar ke samping. Karena itulah air terjun ini disebut demikian karena tampak seperti mempunyai seribu aliran air. Sementara kata seribu itu sendiri, jika diartikan dalam Bahasa Jawa adalah sewu.

Tumpak Sewu juga bukan satu-satunya nama yang disematkan pada air terjun ini. Karena banyak orang yang menyebutnya dengan nama Coban Sewu, Coban Tumpak Sewu, Coban Grojogan Sewu dan Grojogan Sewu.

Keistimewaan Air Terjun Tumpak Sewu

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, terjunan Air Terjun Tumpak Sewu ini melebar ke samping. Hanya saja alirannya tidak terlalu besar sehingga membuatnya tampak seperti tirai tipis berwarna putih. Tebing yang menjadi landasan turunnya air ini juga beberapa bagiannya ditumbuhi oleh tanaman sehingga tampak lebih hijau.

Saat Anda masih berada di atas, Anda akan melihat pemandangan Air Terjun Tumpak Sewu secara penuh plus dengan Gunung Semeru yang menjadi latar belakang air terjun tersebut. Menikmati pemandangan indah yang tersaji dari atas saja tidak cukup? Baiklah, itu artinya kamu perlu turun ke jurang agar bisa mengukur ketinggian Air Terjun Tumpak Sewu dari bawah.

Hati-hati ya saat menuruni tebing ini. Memang sudah ada tangga bambu dan di beberapa tempat juga dilengkapi dengan pegangan tali. Tapi tetap saja kamu harus waspada. Setelah sampai di bawah pun kamu masih harus menentang arus sungai yang berasal dari Air Terjun Tumpak Sewu supaya bisa berada di lokasi terjunan air.

Tips Berwisata ke Air Terjun Tumpak Sewu

Sebenarnya tidak ada tips khusus buat kamu yang minat berwisata ke Air Terjun Tumpak Sewu ini. Hanya saja, sebelum kamu berangkat, pastikan bahwa kondisi tubuh kamu dan kendaraan kamu benar-benar fit supaya perjalanan lancar. Kemudian, siapkan baterai handphone atau kamera supaya bisa mengambil gambar sebanyak-banyaknya. Kalau perlu, bawa power bank juga ya.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]
0 Shares

Suka Hunting Foto Keren? Wajib Kunjung Bukit Jaddih Madura!

Apakah kamu salah satu penggemar drama Korea? Ataukah Anda salah satu penggemar musim salju dan ingin merasakan indahnya suasana di tempat bersalju? Untuk mendapatkan...
Admin 2
1 min read

Uniknya Wisata Di Dalam Gua Lowo Trenggalek

Indonesia memiliki banyak pesona wisata yang indah mulai dari pantai, pegunungan, hutan dan lain-lain. Satu lagi spot wisata yang cukup menarik adalah wisata di...
Admin 2
1 min read

Wisata Alam di Rumah Pohon, Menikmati Indahnya Kota Batu…

Kota Batu Malang memang terkenal sebagai tempat wisata. Daerah yang memiliki suhu udara yang sejuk dan dingin tersebut memang menjadi salah satu tempat destinasi...
Admin 2
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *