Asiknya Wisata Sejarah di Rumah Bung Karno, Istana Gebang Blitar

Indonesia memiliki banyak sejarah, mulai dari sejarah sejak zaman kerajaan hingga masa perjuangan. Tentu warga Negara Indonesia sudah tidak asing lagi dengan Ir. Soekarno atau yang biasa disebut dengan Bung Karno. Ir. Soekarno dikenal banyak orang bukan hanya karena beliau adalah presiden pertama Indonesia namun juga karena kepintaran dan perjuangan dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Asiknya Wisata Sejarah di Rumah Bung Karno, Istana Gebang Blitar 1

Wisata di Istana Gebang Blitar, Tempat Bersejarah di Rumah Bung Karno

Kota Kelahiran Sang Presiden Pertama

Nah, Ir Soekarno ini kelahiran asli Blitar Jawa Timur loh, dan kita kota Blitar kita bisa berwisata sejarah tentang sosok Ir Soekarno di Istana Gebang yang merupakan rumah Ir. Soekarno. Istana gebang sendiri terletak di Jalan Sultan Agung Blitar dan jaraknya sekitar 2 km dari makam Bung Karno.

Model Bangunan Istana

Istana Gebang terlihat memiliki model bangunan yang sangat klasik. Saat kita sampai di depan rumah, maka akan terlihat suasana yang penuh dengan sejarah. Saat kita sampai di sana kita akan berjumpa dengan juru kunci Istana Gebang yang dengan senang hati akan mengantarkan kita untuk berkeliling rumah sambil menceritakan sejarah di dalam rumah tersebut.

Bagian Depan Bangunan

Pertama masuk kita akan masuk ke dalam ruang tamu Istana gebang. Di dalam ruang tamu tersebut, terlihat sekali banyak perabotan klasik. Semua perabotan tersebut adalah perabotan asli yang digunakan sejak dahulu oleh orang tua Ir. Soekarno.

Perabotan rumah mulai dari lemari, meja, kursi, hingga pajangan rumah masih tertata dengan sangat rapi dan terawatt dengan baik. Kemudian kita juga akan dibawa masuk ke kamar ibu Ir. Soekarno.

Di dalam kamar tersebut tertata sebuah kasur lama, kursi, meja dan wastafel yang masih terawatt dengan baik. Bangunan tersebut hanya pernah mengalami sedikit renovasi di tahun 50an dan selebihnya masih tetap sama asli seperti saat pertama di bangun.

Bagian Belakang Bangunan

Menuju ke bagian belakang, kita akan melihat halaman belakang dan kamar mandi yang digunakan oleh Bung Karno saat masih kecil. Pada halaman belakang, terlihat cukup luas dan asri dengan beberapa pohon.

Yang lebih menarik, saat menuju jalan keluar kita akan disuguhkan dengan koleksi mobil tua klasik milik Ir. Soekarno. Mobil-mobil klasik tersebut masih terlihat bagus dan terawat loh. Mobil klasik tersebut menjadi salah satu spot favorit pengunjung yang datang karena memang sangat kental dengan nuansa yang klasik.

Acara Khusus

Pada setiap hari kelahiran Ir. Soekarno di bulan Juni, selalu dilaksanakan kegiatan rutin dan khusus di sekitar Istana gebang. Selain itu, istana gebang juga tidak pernah sepi pengunjung.

Di saat musim liburan, dalam sehari yang datang bisa ratusan pengunjung. Pengunjung-pengunjung ini datang dari berbagai macam daerah di Indonesia bahkan hingga dari luar negeri. Para pengunjung ini merasa tertarik untuk mengetahui sejarah kehidupan presiden pertama Indonesia tersebut.

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]
0 Shares

Leave a Comment