Berikut Sajian Sate yang Terkenal Khas Kota Yogyakarta

Yogyakarta merupakan kota yang terkenal akan keragaman kulinernya, mulai dari sajian yang manis hingga pedas. Salah satu kuliner yang digemari dari kota ini, adalah sate. Sate merupakan makanan khas daging yang diolah dengan cara ditusuk dan dibakar.

Makanan ini sendiri bisa terbuat dari berbagai macam daging, misal daging sapi, kambing atau ayam. Dimana setiap jenisnya, akan menghasilkan rasa sate yang berbeda. Tidak hanya jenis dagingnya, bahkan bumbu dari sate juga bermacam-macam, sesuai dengan resep turun-temurun pembuatnya.

Berikut Sajian Sate yang Terkenal Khas Kota Yogyakarta 1

Memang, sate merupakan hidangan yang sudah melegenda di Kota ini. Maka tidak mengejutkan lagi, jika banyak orang kerap berburu dan berlomba-lomba menyantap sajian kuliner tersebut. Jika, Kamu ingin mencicipinya, berikut ini beberapa sajian sate yang populer di kota ini.

Sajian Sate Legenda di Yogyakarta

Sate Klathak Pak Pong

Apakah Kamu pernah mendengar nama ini? Benar, sate klathak merupakan jenis kuliner legendari di kota Jogja, tepatnya di Jalan Imogiri Timur, Wonokromo, Pleret, Bantul. Selain karena rasanya yang enak dan lezat, masakan ini juga mengandung ciri khas Jogja yang akrab sekali di lidah orang-orang.

Bagaimana tidak, pasalnya sate kambing ini dimasak dengan tusukan besi yang sudah dibumbui garam. Setelah melalui proses pembakaran, kemudian sate bisa Kamu santap bersama dengan kuah gule. Bahkan tidak hanya sate, di tempat Pak Pong, Kamu juga bisa menikmati nasi goreng kambing yang tidak kalah enaknya.

Sate Petir Pak Nano

Setelah Pak Pong, satu lagi tusukan sate yang melegenda di Kota Yogya, yaitu Sate Petir Pak Nano yang letaknya di Jalan Ring Road Selatan No 90, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul. Sate petir ini mulanya sudah dikenal sejak tahun delapan puluhan, yang mana dibuat dengan 5 tusuk sate kambing yang sudah disiram dengan potongan cabe rawit dan kecap.

Cara membumbui seperti ini, jelas saja akan menghasilkan cita rasa yang khas yaitu manis dan pedas dengan level yang bisa Kamu atur. Uniknya, tingkat level kepedasan ini, dinamai level PAUD hingga level Profesor. Selain dari sajian sate, di tempatnya Pak Nano, Kamu juga bisa mencicipi masakan tongseng yang enaknya bikin ketagihan.

Sate Kambing Pak Syamsuri

Setelah Sate Petir, kita akan menuju Sate Kambing Pak Syamsuri, yang letaknya di sekitar Bandara Adi Sucipto atau di Jalan Anggerek, Maguwoharjo, Depok, Sleman. Di tempat ini, Kamu bisa mencicipi sajian sate yang nikmat, lezat dan murah. Jelas saja, karena dengan merogoh uang 25 ribu, Kamu bisa mendapatkan 8 tusuk sate kambing yang rasanya luar biasa.

Sate Ayam Podomoro

Setelah berpuas-puas dengan daging kambing, sudah saatnya kita beralih ke daging ayam, yaitu Sate Ayam Podomoro, yang terletak di Jalan Mataram No.11, Suryatmajan, Danurejan, Yogyakarta. Di sini, Kamu bisa menikmati rasa sate yang gurih khasnya ayam kampung dengan bumbu memikat di setiap porsinya.

Bahkan Kamu juga bisa memilih sate ayam saja dalam satu piring atau dengan campuran daging di dalamnya. jika mau sudah yakin ingin mencicipi sate ini, maka datang saja ke jalan Mataram, namun jangan terkejut, sebab lokasi kuliner ini selalu ramai dengan pelanggan.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]
0 Shares

Leave a Comment