Berkunjung ke Jogja? Jangan Lewatkan 5 Wisata di Jalan Malioboro Paling Hits!

Jogja masih menjadi salah satu kota yang wajib dikunjungi untuk memenuhi kebutuhan wisata. Wisatawan lokal dan internasional bahkan setiap hari ada di sudut-sudut kota Jogja. Salah satu sudut kota yang sering dikunjungi oleh wisatawan yaitu Malioboro. Hal ini karena Malioboro menyediakan kebutuhan bagi wisatawan, baik pemandangannya, kulinernya, belanjanya, dan masih banyak lagi.

Memutari Malioboro juga bisa dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya yaitu menggunakan becak, delman, atau bisa juga bersantai dengan jalan kaki. Lalu tempat mana saja di sekitar Jogja yang hits dan recommended untuk dikunjungi wisatawan? Jawabannya ada di bawah ini.

Berkunjung ke Jogja? Jangan Lewatkan 5 Wisata di Jalan Malioboro Paling Hits! 1

Wisata Jogja di Dekat Malioboro

Keraton Jogja

Pemerintahan keraton Jogja dari jaman dahulu hingga sekarang masih saja terus berjalan dengan baik. Pemerintahan keraton Jogja yang masih berjalan ini bertujuan untuk menjaga budayanya. Hal ini pula yang menjadikan kota Jogja disebut sebagai Daerah Istimewa Yogyakarta. Adanya keraton Jogja ini seakan menjadi magnet wisatawan untuk terus berkunjung ke kota Jogja.

Tugu Jogja

Tugu Jogja berada di tengah-tengah Malioboro. Tugu ini sebenarnya memiliki nama Tugu Golong Gilig atau Tugu Pal Putih, namun orang-orang lebih mengenalnya sebagai Tugu Jogja agar lebih mudah.

Tugu ini menjadi simbol dari kota Jogja dan menjadi potensi sejarah khas Jogja. Meskipun berlokasi di tengah-tengah jalan, namun tugu ini pasti ramai setiap harinya karena banyak orang mengunjungi walau sekedar untuk berfoto.

Titik Nol Kilometer Jogja

Titik nol kilometer Jogja bisa ditemui jika berjalan terus dari arah stasiun menuju Malioboro. Di titik nol kilometer ini, Anda akan menemukan berbagai bangunan peninggalan kolonial Belanda. Di tempat ini sering dikunjungi wisatawan untuk menikmati suasananya ataupun untuk berfoto. Titik nol kilometer juga ramai wisatawan ketika malam hari.

Jika Anda mengunjungi titik nol kilometer pada malam hari, Anda akan menemukan berbagai kegiatan disini. Salah satunya yaitu aksi kesenian dari beberapa komunitas di Jogja.

Benteng Vredeburg

Masih di area titik nol kilometer. Di area tersebut Anda bisa menemukan sebuah bangunan besar dan memiliki ciri yang khusus pada bangunannya. Bangunan tersebut bernama Benteng Vredeburg.

Bangunan ini sebenarnya adalah museum yang buka setiap hari terkecuali hari senin. Para wisatawan bisa masuk ke dalam museum untuk melihat koleksi sejarah maupun sekedar untuk berfoto di dalam museum ataupun di luar museum.

Museum Kereta

Di jalan Malioboro, Anda juga akan menjumpai museum kereta. Dilihat dari namanya pasti berpikiran bahwa di dalam museum berisi banyak kereta. Namun sebenarnya museum ini mengoleksi banyak kendaraan kuno berupa kereta kuda yang ditunggangi para raja pada zamannya. Selain kereta kuda, ada pula bukti sejarah yang masih berkaitan dengan Keraton Yogyakarta.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]
0 Shares

Leave a Comment