Berkunjung ke Palembang, Kamu Wajib Cicipi Makanan Khas Ini

Jika menyebut Palembang, hal pertama yang pastinya terbesit adalah pempek. Bagaimana tidak, makanan yang satu ini memang sudah sangat familiar dan terkenal khas dari Palembang. Soal kelezatan juga sudah tidak diragukan lagi. Untuk itulah, bagi kamu yang berkunjung ke Palembang, sayang rasanya jika tidak menyempatkan diri mencicipi sederet makanan khas yang ada disana.

Selain itu, kamu juga harus tau bahwa bukan hanya pempek yang bisa dinikmati melainkan masih ada wisata kuliner khas lainnya. Nah, untuk itu kamu perlu menyimak informasi di bawah ini.

Makanan Selain Pempek yang Wajib Dicoba di Palembang

Tekwan

Adapun makanan khas lain selain pempek yang bisa kamu coba adalah Tekwan. Adapun bahan yang digunakan dalam pembuatan Tekwan ini hampir sama dengan pempek. Hanya saja perbedaannya terletak pada ukurannya yang lebih kecil dan menyerupai bakso ikan. Kuliner khas Palembang ini akan sangat nikmat kala disajikan bersamaan dengan kuah kaldu yang di atasnya ditaburkan bawang goreng.

Laksan

Berikutnya ada Laksan yang pastinya juga tidak kalah menarik untuk dicoba. Kuliner yang satu ini juga memiliki kemiripan dengan pempek lenjer yang sudah diiris dengan ketebalan 1 centimeter. Jika dilihat dari segi perbedaannya, maka bisa terlihat bahwa Laksan ini disajikan dengan kuah santan bukan kuah cuko.

Pindang Patin

Nah, berikutnya kuliner khas yang bisa kamu coba adalah Pindang. Ia merupakan makanan khas Palembang yang juga terkenal selain daripada  pempek. Rasa yang begitu nikmat dan pedas memang memberikan kesan menantang bagi siapa saja yang memakannya.

Adapun bahan utama pembuatan kuliner khas ini adalah ikan patin yang dimasak menggunakan bumbu-bumbu rumahan seperti cabe rawit, cabe merah, bawang putih, bawang merah, buah nenas dan berbagai jenis bumbu dapur lainnya.

Jika dimakan bersama dengan nasi, Pindang ini akan sangat cocok. Jika ingin menambahkan sambal, maka kamu bisa menggunakan sambal mangga atau tempoyak.

Mie Celor

Lagi, kuliner enak yang khas di Palembang selain pempek adalah mie celor. Jika biasanya mie hanya direbus bening, maka kali ini kamu akan merasakan sensasi makan mie berkuahkan santan kental, kemudian dicampur dengan kaldu udang yang nikmat dan tidak lupa ditambahkan sayuran toge ke dalamnya. Adapun mie khas yang satu ini berbentuk cukup tebal menyerupai udon.

Martabak Har

Kamu tentu sudah tidak asing dengan yang namanya martabak. Sekilas, martabak ini mempunyai kemiripan dengan martabak telor yang biasanya. Adapun yang membedakan adalah martabak Har ini hanya menggunakan telur yang dibalutkan dengan kulit martabak. Adapun kuahnya adalah kari yang mempunyai rasa khas rempah-rempah dan semakin nikmat dengan daging dan juga kentang.

Ternyata asal mula martabak ini adalah menu rumahan yang berasal dari rumah makan RM. HAR. Nama HAR sendiri merupakan singkatan Haji Abdul Rojak. Rata-rata masyarakat Palembang sudah mengenal resto yang satu ini. Lokasinya yang begitu strategis menambah banyaknya pengunjung yang datang.

Tempoyak

Nama Tempoyak memang sudah tidak asing lagi di telinga. Percampuran antara daging durian dengan bawang dan juga cabai memberikan rasa yang begitu unik dan khas. Biasanya tempoyak ini akan digunakan sebagai sambal pelengkap saat memakan pindang ikan Patin yang tentunya akan menambah enak dan gurihnya sebuah santapan

Lenggang

Nah, yang terakhir ada Lenggang yang tentunya juga bisa kamu coba. Olahan ikan yang dicampur dengan telur kemudian dikocok, itulah yang menjadi proses pembuatannya. Rasa yang khas dari Lenggang ini adalah gurih dan lezat. Biasanya akan dikemas menggunakan daun pisang sehingga akan semakin wangin dan menggoda selera.

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]

Leave a Comment