Bikin Malas Pulang, Inilah Istimewanya Kebun Teh Gunung Gambir Jember

Banyak orang yang kini mengenal Jember akibat daerah ini setiap tahunnya selalu menyelenggarakan Fashion Carnival yang berskala internasional. Selain adanya festival yang sangat menarik tersebut, banyak wisatawan yang juga mulai mengenal daerah penghasil tembakau ini berkat potensi wisata pantainya yang sangat menarik, diantaranya adalah Pantai Papuma, Teluk Love, Pantai Watu Ulo dan lain-lain.

Selain itu, Jember juga mulai membenahi berbagai objek wisata lainnya sehingga semakin banyak wisatawan yang tertarik untuk mendatanginya. Salah satu objek wisata yang sangat menarik tersebut adalah Kebun Teh Gunung Gambir.

Berbagai Hal Tentang Kebun Teh Gunung Gambir

Lokasi

Seperti namanya, Kebun Teh Gunung Gambir ini ada di Gunung Gambir. Sementara Gunung Gambir itu sendiri adalah perbatasan antara Jember dengan Probolinggo sehingga sering juga disebut sebagai Kebun Teh Gunung Gambir Probolinggo.

Adapun lokasi tepatnya adalah di Desa Gelang, Kecamatan Sumber Baru, Kabupaten Jember. Kebun teh ini juga berada cukup tinggi, yakni sekitar 900 mdpl, sehingga untuk bisa sampai ke sana, kamu harus melalui jalanan yang menanjak terlebih dahulu. Kamu juga disarankan untuk menggunakan kendaraan yang rodanya tinggi karena medannya sendiri cukup menantang.

Daya Tarik Kebun Teh Gunung Gambir

Sebenarnya untuk kebun teh ini sendiri sudah ada sejak dulu, yakni mulai dari tahun 1918 dan merupakan sisa peninggalan orang Belanda. Akan tetapi, sekarang kebun ini sudah dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara XII dan dibuka untuk umum sebagai tempat wisata.

Areal kebun ini luasnya hanya sekitar 183 hektar dan dipenuhi dengan 8 jenis teh. Karena merupakan perkebunan, sudah pasti pemandangan utama yang disajikan di sini adalah hamparan tanaman teh yang sangat hijau. Betapapun klasiknya pemandangan ini, tapi kamu tetap tidak akan bosan karena udaranya sangat sejuk. Pas buat refreshing.

Apalagi sekarang kebun ini sudah dilengkapi dengan spot foto yang sangat cantik. Diantaranya adalah deretan payung warna warni serta bentuk love dan semacam jembatan yang memang sering dijadikan objek oleh wisatawan untuk mengambil foto sepuasnya.

Fasilitas yang Ada di Kebun Teh Gunung Gambir

Soal fasilitas, Kebun Teh Gunung Gambir ini sudah dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti taman bermain, kolam renang, lapangan tenis dan berbagai fasilitas lain yang bisa membuat kamu jadi lebih betah berlama-lama di sini.

Saran dan Tips Berkunjung ke Kebun Teh Gunung Gambir

Mengingat medannya yang sangat berat, jalan rusak parah dan tidak mudah untuk dilalui, perlu diperhatikan kamu sebaiknya tidak membawa anak-anak ke sana. Lebih baik kamu mengajak teman yang sama-sama memiliki mental petualang saja. Terus untuk kendaraan, jangan gunakan motor matic. Sayang motornya jika dipakai untuk melalui jalan yang seperti itu.

Apalagi saat turun, jari-jari kamu bisa pegal karena harus menarik rem terus menerus. Jangan bawa mobil juga ya, karena jalannya cukup sempit dan ada banyak truk yang parkir di sana. Lalu, sebelum berangkat, pastikan dulu bahwa kondisi kendaraan kamu benar-benar prima supaya perjuangan kamu untuk sampai ke sana benar-benar bisa terbayar dengan baik.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Leave a Comment