Bingung Cari Oleh-oleh Unik di Solo? Inilah 3 Tempat Wisata Belanja yang Terkenal

Pergi tanpa membawa oleh-oleh seperti sayur kurang garam apalagi jika yang dikunjungi adalah kota yang jarang kita datangi. Kalau sudah begitu memang membeli oleh-oleh seperti wajib rasanya, kapan lagi jika bukan sekarang mumpung sedang berada di kota tersebut. Begitu juga saat kamu sedang jalan-jalan ke Solo atau sekedar mampir jangan lupa untuk menyempatkan diri membeli oleh-oleh khas yang unik.

Mungkin saja oleh-oleh tersebut hanya ada di Solo dan tidak bisa didapatkan di kota atau tempat yang lainnya. Tetapi seringkali memang sebagai orang asing yang awam dengan sebuah kota kita merasa bingung dimana akan membeli oleh-oleh. Selain itu oleh-oleh apa yang menjadi kekhasan atau keunikan dari kota tersebut.

Nah, untuk itu tidak perlu cemas saat berkunjung ke Solo ada beberapa tempat yang bisa kamu tuju dan berburu oleh-oleh yang unik. Oleh-oleh khas Solo bisa berupa makanan dan bisa juga berupa sebuah barang yang sulit untuk ditemukan di tempat lainnya. Siap-siap untuk menguras seluruh isi dompet kamu di kota Solo. Inilah beberapa tempat dimana kamu bisa membeli oleh-oleh dari Solo yang unik.

3 Tempat Membeli Oleh-oleh di Solo

Kampung Batik Laweyan dan Kauman

Mendengar kata Solo pasti kita akan berpikir tentang batik. Ya, Solo memang terkenal dengan kain batiknya yang memiliki motif berbeda dengan batik dari daerah lain seperti Pekalongan. Batik Solo cenderung memiliki warna kecoklatan yang anggun berbeda dengan batik pantura yang biasanya berwarna cerah.

Kamu bisa mendapatkan berbagai macam dan jenis kain batik di 2 tempat yaitu Kauman dan Laweyan. Mengapa harus kesana bukan ke pasar saja? Karena di 2 kampung batik tersebut kamu bisa melihat proses pembuatannya dan juga bisa langsung membeli dari pengrajinnya.

Pasar Gede

Tidak jauh dari Balaikota Solo kamu bisa menemukan sebuah pasar tradisional yang telah berusia ratusan tahun yaitu Pasar Gede. Di pasar ini kamu juga bisa mencicipi aneka jajanan tradisional Solo yang sudah langka seperti dawet gempol pleret, cabuk rambak, brambang asem, cenil dan masih banyak lagi.

Di Gede inilah kamu bisa membeli banyak cemilan khas Solo yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh misalnya intip yaitu keripik dari kerak nasi. Atau juga keripik ceker, keripik paru dan lainnya.

Toko Roti “Orion”

Dari Pasar Gede kamu bisa melanjutkan perjalanan ke arah utara sekitar 1 km dan akan menemukan sebuah toko roti yang sudah sangat terkenal. Orion nama dari toko tersebut yang memiliki menu andalan berupa roti mandarin begitu orang Solo menyebutnya.

Roti mandarin atau lebih dikenal dengan lapis Surabaya dari Orion ini sudah menjadi langganan banyak pejabat dan sosialita dari Jakarta saat mereka singgah di Solo. Penasaran dengan rasanya, silahkan datang dan buktikan sendiri.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Leave a Comment