Hobi Mendaki Gunung? Ini Dia 7 Puncak Tertinggi Jawa Timur

Di Jawa Timur saja ada 7 puncak tertinggi yang menjadi incaran banyak pendaki baik itu yang masih pemula apalagi yang sudah profesional. Jika mengaku pecinta olahraga mendaki gunung sudah pasti 7 gunung yang menjadi puncak tertinggi Jatim ini wajib untuk dieksplorasi.

Jawa Timur memang surganya para pendaki terutama pendaki pemula. Gunung yang ada di Jatim bisa dijadikan destinasi berbagai kalangan yang ingin melepas penat dengan mendaki. Ini daftar 7 gunung yang merupakan puncak tertinggi di Jatim.

7 Puncak Tertinggi Jatim

Gunung Semeru

Tidak hanya di Jawa Timur, puncak gunung Semeru adalah tanah tertinggi di pulau Jawa. Memiliki ketinggian 3676 mdpl dengan pesona alam yang indah. Terdapat danau yang menjadi tujuan para pendaki bernama Ranu Kumbolo. Siapa sih yang tak kenal puncak Mahameru, salah satu puncak gunung yang beberapa kali dijadikan setting film nasional sehingga tak asing lagi didengar.

Gunung Arjuno

Gunung yang memiliki ketinggian 3339 mdpl merupakan tanah tertinggi kedua di Jatim. Gunung ini berdekatan atau bersebelahan dengan gunung Welirang. Puncak Gunung Arjuna ini menyuguhkan pemandangan yang indah sehingga sayang jika dilewatkan begitu saja. Meski gunung ini tidak lagi aktif, puncaknya tetap diselimuti material batu  layaknya gunung berapi lainnya

Gunung Raung

Gunung  berapi satu ini memiliki ketinggian yang mencapai 3332 mdpl. Wilayah yang tercakup oleh gunung ini ada 3 yaitu Banyuwangi, Jember, dan Bondowoso.  Gunung ini memiliki trekking yang cukup menantang dan juga sering menjadi favorit para pendaki setelah Gunung Semeru. Puncak sejati gunung ini sudah terkenal keindahannya.

Gunung lawu

Dengan ketinggian 3265 mdpl, puncak Gunung Lawu menduduki tanah tertinggi keempat di Jawa Timur. Dari 7 puncak tertinggi Jatim, gunung ini memiliki tiga puncak. Ada puncak Hargo Dalem, puncak Hargo Dumiling, dan juga puncak Hargo Dumilah. Dari ketiga puncak tersebut puncak Hargo Dumilah yang terkenal bagi para pendaki.

Gunung Welirang

Masih satu area dengan Gunung Arjuna. Puncak gunung Welirang memiliki ketinggian 3156 mdpl. Di sini ada salah satu spot dengan nama tanjakan asu yang artinya tanjakan anjing dan juga tanjakan naga. Tanjakan tersebut merupakan bagian dari trekking menuju ke puncak sejati gunung Welirang yang terkenal.

Gunung Argopuro

Layaknya gunung Semeru, gunung satu ini memiliki danau yang terkenal kecantikannya. Danau tersebut memiliki nama Taman Hidup. Jika mendaki ke gunung ini pendaki akan bertemu banyak sekali hewan liar seperti babi hutan, burung merak liar, bahkan rusa. Ketinggian puncak gunung ini mencapai 3088 mdpl dan menduduki peringkat keenam dari 7 puncak tertinggi Jatim.

Gunung Suket

Gunung berapi yang bersebelahan dengan Gunung Raung ini merupakan gunung yang memiliki puncak dengan ketinggian 2950 mdpl. Meski masih kurang populer jika dibandingkan keenam gunung sebelumnya sebetulnya ada keindahan yang tersembunyi dari gunung ini yang sayang untuk dilewatkan.

Mengaku pecinta alam atau seorang pendaki? Jangan sampai melewatkan 7 puncak tertinggi Jatim ya!

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Leave a Comment