Hobi Surfing? Ayo Taklukkan Ombak Istimewa Milik Pantai Plengkung Banyuwangi

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai garis pantai paling panjang di dunia. Karenanya tidak heran juga jika Indonesia mempunyai banyak objek wisata berupa pantai, salah satunya ada di Banyuwangi dan bernama Pantai Plengkung. Pantai Plengkung ini juga biasa disebut sebagai Pantai G-Land.

Posisinya ada di sebelah tenggara Pulau Jawa serta berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Kalau melihat posisinya yang seperti itu, pasti kamu sudah bisa membayangkankan betapa ganasnya ombak yang dimiliki pantai ini? Sekedar informasi saja, Pantai Plengkung ini adalah salah satu tempat favorit para surfer loh. Kamu hobi surfing juga? Coba deh adu keahlianmu menaklukkan ombak di pantai ini.

Keistimewaan Ombak Pantai Plengkung Banyuwangi

The Seven Giant Waves Wonder

Pada dasarnya The Seven Giant Waves Wonder adalah julukan untuk ombak Pantai Plengkung. Julukan ini sangat pantas disematkan pada ombak legendaris yang memang mampu memukau sejumlah peselancar dunia, dan termasuk dalam daftar tujuh ombak yang paling baik di dunia. Bahkan ombak Pantai Plengkung ini menempati posisi yang kedua setelah Hawaii.

Ombak Pantai Plengkung Menerima Semua Kalangan Surfer

Jika melihat fakta sebelumnya, bahwa ombak Pantai Plengkung hanya kalah satu tingkat dari Hawaii yang memang mempunyai ombak memukau, apakah kamu berpikir bahwa ombak Pantai Plengkung ini hanya dinikmati para surfer profesional saja? Jika memang kamu menganggapnya seperti itu, maka kamu keliru. Pasalnya, ombak ini bisa dijajal oleh siapa saja, baik para surfer profesional maupun surfer pemula.

Pantai Plengkung Mempunyai 3 Tingkatan Ombak

Jadi, Pantai Plengkung itu mempunyai 3 tingkatan ombak. Masing-masing dari tingkatan ombak itu ada namanya sendiri-sendiri. Mulai dari ombak yang paling rendah, namanya adalah Many Track Waves. Tingkatan yang paling rendah ini tentunya adalah bagian yang aman untuk para surfer pemula.

Kemudian yang lebih tinggi dari Many Track Waves adalah Speddis Waves. Dan ombak yang paling tinggi namanya adalah Kong Waves. Nah, kalau pemula tidak disarankan untuk mencoba aksinya di tingkatan ombak yang ini, karena ombak Kong Waves cukup berbahaya, sehingga para surfer profesionallah yang diijinkan untuk menikmatinya.

Ombak Pantai Plengkung Mempunyai Formasi yang Mengarah ke Kiri

Nah, ini juga perlu dicatat. Pantai Plengkung mempunyai formasi yang mengarah ke kiri. Dengan fakta ini, para peselancar kidal juga bisa beraksi dengan nyaman di sini. Bukan hanya itu saja, proses datangnya ombak juga bersusulan sehingga terkesan berlapis-lapis. Totalnya ada 7 gulungan ombak yang bersusun dengan ketinggian rata-rata adalah 4 meter hingga 6 meter. Formasi gulungan ini pun juga sangat panjang, yakni mencapai 2 km.

Waktu Terbaik untuk Menikmati Ombak Pantai Plengkung

Kalau kamu memang tertarik pada ombak besar, kamu bisa datang ke Pantai Plengkung ini antara bulan April sampai bulan September. Pasalnya pada bulan-bulan inilah ombak yang paling besar akan terjadi dan datang secara bertahap.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Leave a Comment