Ingin Jadi Pendaki? Berikut Tips Mendaki Gunung untuk Pemula

Mendaki gunung adalah salah satu cabang olahraga ekstrim yang beberapa tahun terakhir mendadak naik daun. Aktifitas luar ruangan yang menantang satu in,i biasanya dilakukan oleh pecinta alam dan penyuka tantangan, namun sekarang sudah banyak orang yang merasakan bagaimana serunya mendaki gunung.

Ingin Jadi Pendaki? Berikut Tips Mendaki Gunung untuk Pemula 1

Indonesia yang memang memiliki banyak sekali gunung, sehingga banyak  spot untuk mendaki menjadi faktor pendukung utama banyak kalangan yang akhirnya memilih melakukan pendakian gunung untuk mengisi liburan. Tapi alangkah baiknya jika mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara mendaki gunung agar tetap aman terutama bagi yang belum pernah melakukannya. Baca ulasan tips mendaki gunung berikut.

Tips Mendaki Gunung

Bagi para pemula yang ingin merasakan keseruan mendaki gunung, coba mencari informasi terlebih dahulu bagaimana cara melakukan pendakian gunung yang baik dan benar, sebab ini adalah salah satu kegiatan ekstrim.

Kenali Lokasi Pendakian

Sebelum melakukan pendakian sangat disarankan untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya, tentang gunung yang akan dijadikan destinasi mendaki. Utamakan untuk mencari informasi seputar jalur pendakian yang nantinya dilewati. Tak hanya itu jika gunung yang dipilih adalah gunung berapi wajib mencari tahu apa kondisi gunung tersebut layak dikunjungi atau tidak.

Hal ini bisa dengan memanfaatkan internet atau teman yang sudah berpengalaman melakukan pendakian pada gunung tersebut. Jangan lupa menanyakan medannya seperti apa sehingga bisa lebih mempersiapkan diri.

Persiapan Fisik

Mendaki gunung tidak bisa dilakukan secara spontan. Agar tidak mengalami cidera saat melakukannya cobalah untuk melakukan olahraga rutin jauh-jauh hari dari rencana pendakian. Misalnya saja satu bulan sebelum mendaki sudah rajin melakukan serangkaian olahraga seperti jogging dan lari.

Hal ini dilakukan agar tubuh tidak kaget sehingga bisa terhindar dari cidera. Tidak sedikit pemula yang harus merasakan cidera otot saat melakukan pendakian gunung. Tips mendaki gunung yang satu ini tidak boleh diremehkan ya!

Menyiapkan Barang Bawaan

Saat akan pergi mendaki jangan membawa barang yang tidak penting atau yang tidak akan digunakan nantinya. Peralatan tidur seperti sleeping bag, matras, tenda, dan jaket sendiri sudah berat bukan.

Belum lagi alat masak dan bahan makanannya terutama air minum. Jika tidak bijak dalam menentukan barang mana yang harus dibawa dan tidak, barang bawaan yang diangkut akan menjadi penghambat bahkan penghalang pendakian berjalan mulus.

Ingatlah untuk membawa jaket yang sesuai dengan ketinggian gunung yang dituju. Suhu yang sangat dingin bisa menyebabkan hipotermia yang membahayakan nyawa jika disepelekan.

Itu dia beberapa tips mendaki gunung khususnya untuk yang belum pernah melakukan aktifitas outdoor satu ini. Meski berlibur tetap ingat dan selalu utamakan keselamatan ya, selamat mendaki gunung!

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]
0 Shares

Leave a Comment