Ingin ke Jambi? Pastikan Kamu Mencoba 7 Wisata Kuliner Ini

Jika kita berbicara tentang kuliner memang tidak akan ada habisnya di kota mana pun pasti saja ada makanan-makanan yang memiliki rasa yang tidak bisa membuat lidah berbohong. Kali ini kita akan membahas kuliner yang berada di Jambi karena Jambi merupakan surganya pecinta wisata kuliner.

Ingin ke Jambi? Pastikan Kamu Mencoba 7 Wisata Kuliner Ini 1

Karena letak kota Jambi yang berada di wilayah timur Pulau Sumatera, Masyarakat kota Jambi memiliki adat dan budaya yang satu rumpun dengan bangsa Melayu. Karena dari itu, rasanya tidak heran apabila Jambi memiliki banyak tujuan wisata kuliner yang beragam. Di kesempatan kali ini, mari membahas destinasi wisata kuliner di Jambi yang dijamin dapat membuat Anda ketagihan.

7 Wisata Kuliner Kota Jambi yang Wajib Kalian coba

Mie Pangsit

Mie Pangsit adalah kuliner lokal kebanggaan orang Jambi. Mie Pangsit ini sekilas terlihat Mie Ayam biasa atau Mie Yamen, tetapi Mie Pangsit ini memiliki tekstur dan rasa yang sangat beda.

Mie nya kenyal dan tipis, biasanya disajikan dengan daging non-halal, tetapi juga ada yang menjual Mie Pangsit Ayam. Dengan sambal yang kental, manis dan asin. Tidak akan enak apabila makan Mie Pangsit tidak memakai sambal.

Nasi Gemuk

Nah, nasi gemuk ini tidak akan membuat kalian gemuk jika kalian makan. Hanya saja Nasi Gemuk ini sangat mirip dengan nasi uduk, tetapi topping atau isian nya saja yang beda.

Yang biasanya dijadikan topping di dalam Nasi Gemuk adalah telur rebus, sapi suwir, ayam suwir dan juga beberapa tempat menjual dengan kuah kari, dengan kerupuk emping dan sambal khas Jambi. Biasanya juga Nasi Gemuk ini dimakan waktu sarapan pagi.

Mie Celor

Nah, Mie Celor ini yang lumayan juara di Jambi, dan tempat Mie Celor yang paling enak adalah Mie Celor Xaverius yang katanya menyajikan Mie Celor paling nikmat di Kota Jambi.

Kopi AAA

Pasti kalian bingung, kok kuliner tapi Kopi? Nah Kopi AAA ini adalah Kopi yang sangat terkenal di Jambi dan sudah ada dari zaman dulu banget. Intense Kopi AAA ini campuran antara Kopi Robusta dan Kopi Ekselsa dan inilah yang membuat Kopi AAA menjadi sangat khas di Kota Jambi.

Kue Kojo

Sesuai dengan namanya, Kue Kojo adalah jajanan pasar. Kue ini sangat wajib bagi kamu yang lagi di Jambi, Kue ini terbuat dari santan dan pandan. Aroma dari Kue Kojo ini sangat kuat. Dan juga teksturnya mirip setengah Kue dan setengah agar-agar. Kue Kojo ini biasanya ada di daerah Talang Banjar dan Pasar Hongkong.

Kwetiau

Di Jambi, Ada sangat banyak tempat makan yang cuma menjual Mie, Bihun, ataupun Kwetiau siram maupun goreng dan kebanyakan yang dipesan adalah Kwetiau Siram. Kwetiau ini digoreng dengan telur, disiram dengan campuran sagu dan air agar kuah Kwetiau ini sendiri menjadi kental. Dan Kwetiau di Jambi dibuat dari Tepung Beras, jadi bentuknya lebih tebal daripada Kwetiau yang ada di jakarta.

Es Kumpeh

Es Kumpeh ini sangat terkenal di Kota Jambi, Karena cuaca yang sangat panas di Jambi terutama siang, dan juga Es Kumpeh ini sangat menyegarkan, Es ini memiliki rasa cokelat, stroberi, dan ada juga rasa nangka dan durian. Lokasi Es Kumpeh ini sedikit masuk ke arah Desa Kumpeh.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]
0 Shares

Leave a Comment