Kemuning, Desa di Kaki Gunung Lawu Tempat yang Pas Untuk Menenangkan Pikiran

Kalau di wilayah Jawa Barat kita mengenal wisata kebun teh di Puncak maka di Jawa Tengah ada Kemuning. Mirip dengan apa yang bisa dilihat dan ditemui di Puncak kita juga akan dimanjakan dengan hamparan kebun teh yang hijau di Kemuning, Karanganyar. Kemuning berada di kaki Gunung Lawu yang berada di sebelah timur kota Solo.

Kebun teh Kemuning ini berada tidak jauh dari tempat wisata yang sudah lebih dulu terkenal yaitu air terjun Grojokan Sewu di Tawangmangu. Suasana hijau kebun teh yang terhampar sejauh mata memandang ditambah dengan dinginnya semilir angin pegunungan akan membuat kita lupa akan segala permasalahan. Itulah mengapa pergi ke Kemuning, Karanganyar akan akan membantu kita menghilangkan segala rasa lelah dan stres karena kesibukan sekolah atau pekerjaan di kota.

Jaraknya yang tidak begitu jauh dari kota Solo membuat kamu tidak akan mengalami banyak kendala untuk sampai kesana. Cukup ditempuh dalam waktu 1-2 jam saja dari Solo. Ada apa sajakah di Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar tersebut? Inilah daftarnya.

Wisata Kemuning, Karanganyar

Kebuh Teh

Sajian utama dari wisata di Kemuning memang kebun teh yang mirip dengan Puncak, Jawa Barat. Wisata kebun teh tersebut bisa kamu nikmati sambil lewat dalam perjalanan ketika akan menuju Candi Sukuh dan Candi Cetho. Tapi bisa juga kamu berhenti dan turun di kebun teh kemudian nikmati sejuknya hawa lereng Lawu tersebut. Jangan lupa untuk berfoto di kebun teh untuk dibagi dalam media sosial.

Lembah Sumilir

Kamu pasti tahu film The Hobbit dan rumahnya yang lucu. Nah, di daerah Kemuning ada tempat wisata yang disebut dengan Lembah Sumilir dimana disana kamu bisa menjumpai rumah Hobbit yang mini dan unik. Wisata di lereng Lawu ini sangat cocok untuk dijadikan spot foto yang instagramable.

Dijamin akan banyak teman kamu yang merasa iri dan ingin juga pergi kesana. Tempat wisata ini juga sudah memiliki fasilitas yang lengkap seperti area parkir mobil dan motor, mushola dan resto di sekitarnya.

Rumah Teh Ndoro Donker

Ingin mencicipi cita rasa teh kualitas tinggi yang dipetik langsung dari kebunnya di Kemuning silahkan kamu mampir ke Ndoro Donker. Ini adalah rumah teh atau resto yang menyajikan teh dengan cara elegan seperti para bangsawan.

Dan tentu saja tehnya adalah yang berkualitas tinggi bukan seperti yang ada di pasaran pada umumnya. Selain bisa menikmati teh dan berbagai makanan yang enak di Ndoro Donker kamu bisa menemukan banyak spot foto yang unik. Ditambah dengan pemandangan kebun teh hijau yang ada di sekitarnya sungguh tempat yang tepat untuk melepas penat.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Leave a Comment