Mengupas Fakta Gunung Kerinci Sebelum Pergi Mendakinya

Kerinci namanya, bagi para pecinta alam atau penikmat olahraga ekstrim pendakian gunung wisata satu ini pasti sudah tidak asing lagi didengar. Kerinci yang merupakan salah satu gunung berapi di Indonesia yang letaknya berada di Sumatera.

Mengupas Fakta Gunung Kerinci Sebelum Pergi Mendakinya 1

Gunung berapi satu ini sering menjadi incaran pendaki yang sangat suka dengan tantangan. Namun, ada beberapa fakta gunung Kerinci yang seharusnya dikupas sebelum melakukan pendakian di sini.

Fakta Unik Gunung Kerinci

Gunung yang memiliki pesona alam luar biasa indah ini juga menyimpan beberapa fakta yang perlu diketahui sebelum melakukan pendakian di sini. Fakta-fakta yang tentunya bisa lebih menarik minat pengunjung untuk datang ke Gunung Kerinci.

Kawasan Taman Nasional

Gunung berapi satu ini ternyata lebih dari setengah wilayahnya telah menjadi kawasan taman nasional. Sisanya merupakan area pemukiman warga, persawahan, perkebunan, serta hutan yang dimanfaatkan penduduk setempat. Tak heran jika banyak tempat wisata alam yang menarik di Gunung Kerinci ini.

Di area taman nasional Gunung Kerinci ini ada tempat perlindungan flora dan fauna langka. Di sinilah harimau Sumatera, Badak, Gajah, dan kelinci Sumatera dilindungi. Tidak hanya itu ada juga memanfaatkan tempat ini sebagai objek penelitian alam yang mendunia. Penelitian tersebut bahkan sudah menjadi sebuah film Hollywood terkenal yakni film yang menceritakan tentang Ape. Keren ya!

Tempat Wanita-wanita Sakti

Fakta gunung Kerinci yang satu ini lebih mengarah pada sisi budaya yang ada di sini. Para wanita di Gunung Kerinci ini mendapatkan julukan wanita sakti karena mampu melakukan atraksi kekebalan tubuh yang normalnya dilakukan oleh para pria.

Ada satu tarian magis di sini yang menyuguhkan wanita-wanita Kerinci melakukan hal ekstrim seperti menari di atas api, pecahan kaca, dan sebutir telur. Bahkan ada adegan wanita yang dihunus dengan sebilah pedang namun tidak terluka sama sekali. Tarian tersebut merupakan salah satu ritual yang katanya untuk penyempurnaan ilmu spiritual. Unik bukan?

Kata Sapaan

Warga Kerinci memiliki kata sapaan yang unik bagi para pendatang atau pengunjung. Wisatawan yang datang ke sini akan dipanggil dengan sebutan ‘kayo’ atau ‘kaya;. Hal ini lucu dan menarik bagi pengunjung, tidak peduli dompet tebal uang atau tidak di sini semuanya kaya. Padahal arti dari kata sapaan tersebut adalah ‘Anda’ atau ‘tuan’ bukan memiliki banyak harta. Lucu ya!

Fakta gunung Kerinci tersebut sangat unik bukan. Tidak heran selain memiliki pesona alam yang indah ternyata gunung ini juga memiliki fakta-fakta yang mampu menarik perhatian wisatawan. Tidak hanya wisata alam, di sini wisata budaya dan sejarah juga kental sekali suasananya. Yakin tidak mau jadikan tempat ini destinasi liburan?

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]
0 Shares

Tidak Harus Ke Bali! 3 Wisata Pantai Di Tulungagung…

Nikmati liburan di pantai seperti di bali yang dapat kamu temukan di Tulungagung. Tulungagung memang belum terkenal hingga mancanegara seperti Bali. Namun, tempat ini...
Admin 2
1 min read

Suka Kuliner? Ini Dia 3 Makanan Khas Blitar Yang…

Liburan ke Blitar? Jangan lewatkan makanan khas Blitar yang akan menggoda lidah kamu! Blitar, kita yang memiliki kota patria ini terkenal dengan ikon wisata...
Admin 2
1 min read

Suka Karya Seni? 5 Galeri Seni Dan Museum Di…

Berlibur merupakan hal yang menyenangkan, semua orang suka berlibur apalagi dengan keluarga dan orang terkasih. Berlibur tidak harus jauh-jauh atau keluar negeri, di dalam...
Admin 2
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *