Nikmati 3 Wisata Kuliner Minuman Khas Indonesia Paling Nikmat

Indonesia merupakan sebuah negara yang kaya akan wisata kulinernya. Tak ketinggalan dengan aneka kuliner minuman dengan ciri khas budaya Indonesia. Meski terbilang tradisional, namun minuman khas Indonesia mampu memberikan kesegaran bagi siapapun. Terlebih Indonesia merupakan negara tropis, menikmati minuman segar khas nusantara menjadi pilihan terbaik.

Lalu minuman khas nusantara apa saja yang cocok untuk dijadikan minuman pelepas dahaga terbaik? Disini kita akan membahas beberapa rekomendasi minuman tersebut yang bisa Anda coba. Informasi selengkapnya mari kita simak penjelasan di bawah ini.

Wisata Kuliner Minuman Khas Indonesia

Cendol

Di daerah Jawa Barat terdapat sebuah minuman khas yang dikenal dengan cendol, namun jika sudah sampai di Banjarnegara maka minuman ini biasanya disebut dengan dawet ayu.

Minuman menyegarkan ini terbuat dari tepung honkwe serta pewarna makanan hijau yang berasal dari daun suji atau pasta pandan. Adonan ini dibentuk memanjang dan untuk kuahnya terbuat dari serutan es batu ditambah gula merah dan santan.

Minuman ini sangat nikmat dikonsumsi pada siang hari saat sedang terik. Untuk menemukan jenis minuman ini tidak begitu sulit, ada banyak restoran, cafe, bahkan pedagang kaki lima yang menyediakan minuman cendol ini.

Goyobod

Goyobod memang mungkin terdengar masih asing bagi sebagian orang. Tentu saja karena minuman goyobod merupakan minuman khas Jawa Barat dan belum terlalu populer menyebar ke wilayah lain.

Minuman goyobod juga menjadi minuman yang menyegarkan jika diminum pada siang hari. Minuman ini memiliki komposisi yang lumayan banyak yaitu irisan honkwe, tape singkong, alpukat, kolang kaling, kelapa muda, dan tape hitam.

Untuk kuah dari minuman ini dibuat dari paduan santan, susu, dan air kelapa. Jika Anda tertarik, Anda bisa menemukannya di Jawa Barat dan bisa ditemukan di berbagai tempat. Anda bisa menemukannya di restoran tertentu atau di pedagang kaki lima.

Es Pisang Hijau

Minuman khas selanjutnya yaitu es pisang hijau yang berasal dari Makasar. Minuman ini dibuat menggunakan tepung beras, santan, tepung kanji, dan air suji. Adonan tersebut dibuat menjadi adonan berwarna hijau kulit pisang, inilah kenapa disebut dengan minuman es pisang hijau. Untuk isian dari minuman ini diisi bubur sumsum, mutiara sagu, kacang tanah yang disangrai, dan beberapa tambahan lain.

Es pisang kacang hijau ini dilengkapi juga dengan saus dari sirup berwarna merah, ice cream, ice serut, dan ditambah dengan susu kental manis. Karena rasa es pisang hijau ini sangat meledak di mulut, menjadikan es ini favorit banyak orang. Kini es pisang hijau bisa ditemui dimana saja, tidak hanya dari kota asalnya saja.

Demikian beberapa rekomendasi minuman khas nusantara yang rasa nikmatnya tak kalah dengan minuman jaman sekarang. Bahkan minuman khas nusantara ini memiliki rasa tersendiri yang unik dan ngena di mulut.

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]

Leave a Comment