Palembang Punya 5 Kuliner Terfavorit Loh!

Hobi mencari tempat kuliner yang khas dan unik? Palembang bisa dijadikan sebagai destinasi untuk mencari cita rasa yang unik. Makanan yang menjadi ciri khas kota ini merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar ikan. Hal ini karena memang Palembang kaya akan hasil perairan yaitu ikan.

Pempek misalnya, pasti banyak yang tahu makanan ini bukan? Bahan dasar dari pempek Palembang ini adalah ikan laut yang diolah sedemikian rupa hingga menjadi cemilan yang populer dimana-mana.

Kuliner Palembang yang Populer

Tidak hanya pempek saja ciri khas dari kuliner Palembang. Di Palembang ada beberapa tempat wisata kuliner lain yang juga unik dan memiliki cita rasa enak. Nah untuk tahu lengkapnya yuk baca ulasan berikut.

Mie Celor

Bagi pecinta mie ada Mie Celor yang menjadi andalan kota Palembang. Mie yang disajikan dengan kuah santan kental yang sudah diberikan kuah kaldu dari ebi serta dilengkapi taburan tauge, seledri, daun bawang, dan irisan telur rebus membuat mie celor memiliki rasa gurih dan lezat saat disantap.Mie yang digunakan untuk hidangan ini mirip seperti mie udon. Biasanya warga Palembang menyantapnya di waktu sarapan.

Martabak Har

Martabak ini dari bentuk memang tidak banyak berbeda dari martabak telur pada umumnya. Yang membuat kuliner Palembang ini berbeda ada siraman kuah di atas martabak saat disajikan.  Berbeda dengan kuah cuko yang merupakan ciri khas Palembang, kuah yang digunakan di sini adalah kuah yang kaya akan rempah-rempah. Ditambahkan pula dalam kuah irisan kentang dan daging semakin membuat nikmat.

Martabak Har ini sendiri tidak memiliki isian daging cincang seperti martabak telur kebanyakan. Martabak har ini ada kulit martabak yang dibalur dengan telur lalu digoreng lalu dilengkapi dengan kuah daging cincang kaya rempah seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Tempoyak

Kuliner Palembang favorit warga ini sangatlah unik. Masyarakat luas belum banyak yang tahu dengan makanan satu ini meski warga Palembang sangat suka dengan tempoyak ini. Tempoyak merupakan salah satu sambal khas dari Palembang yang dipadukan dengan buah durian. Wow, bagaimana ya rasanya? Pecinta buah durian wajib mencicipi tempoyak yang sangat unik ini!

Ragit

Bisa dikatakan ini merupakan kuliner Palembang favorit yang termasuk roti-rotian. Mirip dengan roti India namun dicetak seperti mie lalu disiram dengan kuah santan. Tampilannya mirip sekali dengan jala namun ada juga yang berbentuk seperti dadar gulung. Kuah yang digunakan sebagai pendamping roti ini merupakan kuah kari dengan daging. Rasanya sangat nikmat saat disantap dalam keadaan masih hangat.

Siapa bilang kuliner Palembang favorit warga hanya pempek? Banyak ragam kuliner khas dengan keunikannya masing-masing yang patut untuk dicoba terutama bagi pecinta dunia kuliner. Selamat mencoba!

Leave a Comment