Penikmat Sunrise? Kunjungi 3 Wisata Gunung dengan Panorama Sunrise Terbaik!

Bagi penikmat wisata alam, berburu sunrise menjadi kegiatan yang wajib dilakukan ketika berlibur. Hal ini karena pesona matahari terbit memang selalu menjadi pemandangan indah. Pesona keindahan ini juga kerap dijadikan sebagai objek foto oleh fotografer. Untuk mendapat hasil terbaik, Anda harus mengatur waktu agar dapat menikmati keindahan matahari terbit dari puncak gunung.

Penikmat Sunrise? Kunjungi 3 Wisata Gunung dengan Panorama Sunrise Terbaik! 1

Namun tidak semua lokasi dataran tinggi dapat dijadikan tempat yang tepat untuk menikmati suasana sunrise. Beruntungnya Indonesia berada di wilayah khatulistiwa sehingga akan ada banyak tempat yang bisa dijadikan sebagai lokasi menikmati sunrise. Dimana saja si lokasi puncak gunung untuk menikmati sunrise terbaik? Simak jawabannya di bawah ini.

Wisata Gunung dengan Panorama Sunrise Terbaik

Bukit Sikunir, Dieng

Bukit sikunir berada di desa Sembungan, Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Bukit Sikunir memiliki ketinggian 2.306 mdpl. Lokasi tersebut tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi, hal ini yang menyebabkan Bukit Sikunir kerap dikunjungi wisatawan penikmat sunrise. Bukit Sikunir menjadi tempat yang recommended untuk dikunjungi bahkan bagi pemula karena sudah dilengkapi dengan anak tangga.

Anak tangga tersebut memudahkan wisatawan untuk mencapai puncak. Dari atas puncak ini, pengunjung bisa menikmati keindahan matahari terbit dengan latar belakang panorama dataran tinggi yang memukau. Jika ingin mengunjungi Bukit Sikunir, datanglah saat musim kemarau yaitu pada bulan Juli hingga Oktober. Hal ini bertujuan agar pemandangan tidak tertutup kabut tebal.

Gunung Prau, Dieng

Masih berada di daerah Dieng. Gunung Prau terletak diantara perbatasan 3 kabupaten yaitu Banjarnegara, Wonosono, dan Batang Kendal. Gunung Parau memiliki ketinggian 2.565 mdpl. Arah jalur pendakian bisa dibilang cukup landai sehingga bisa juga dijadikan tempat pendakian untuk pemula. Untuk menikmati sunrise terbaik, bisa dikunjungi pada bulan Desember ataupun bulan Januari.

Pada bulan tersebut, sunrise yang tampak akan lebih indah dengan lukisan alam berupa garis-garis tepi warna merah dan kuning yang berbaur. Tentu saja ini akan menjadi pengalaman indah dan tidak terlupakan.

Gunung Kerinci, Jambi

Untuk panorama sunrise terbaik selanjutnya yaitu kita mulai pindah ke luar Jawa. Tepatnya berlokasi di gunung kerinci, Jambi, Sumatera. Ketinggian gunung kerinci mencapai 3.805 mdpl dan menjadi gunung berapi tertinggi di Indonesia. Sebagai puncak tertinggi tentu saja menyediakan pemandangan alam yang luar biasa. Gunung Kerinci bisa dijadikan lokasi menikmati keindahan matahari terbit.

Karena puncaknya yang tinggi, diharuskan mendirikan tenda atau berkemah di puncak. Sehingga pada pagi harinya tidak terlewatkan momen menikmati keindahan panorama sunrise dengan pantulan cahaya di balik awan.

Demikian beberapa rekomendasi puncak gunung terbaik yang bisa dikunjungi untuk acara mendaki dan menikmati matahari terbit. Selain puncak gunung yang telah dijelaskan, sebenarnya masih banyak pendakian gunung di Indonesia dengan panorama terbaiknya.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]
0 Shares

Leave a Comment