Puncak Gunung Raung, Salah Satu Titik Favorit Para Pencari Tantangan

Pada dasarnya, setiap gunung mempunyai ciri khas masing-masing, dan sejauh ini, ciri khas inilah yang membuat banyak orang bernafsu untuk menaklukkan gunung demi gunung yang belum pernah dijajalnya. Apalagi Indonesia mempunyai banyak gunung yang selalu siap untuk didatangi, mulai dari yang medannya paling mudah sehingga ramah untuk pemula sampai yang medannya tergolong sulit juga ada.

Salah satu gunung yang medannya tergolong sulit ialah Gunung Raung. Untuk kalangan para pendaki sendiri, nama gunung yang satu ini tentu sudah sangat familiar. Namun, tidak sembarang orang berani mendakinya, mengingat medan yang sangat sulit bahkan sejak awal pendakian.

Keistimewaan Gunung Raung

The Mountain Extreme of Java

The Mountain Extreme of Java adalah julukan Gunung Raung yang seolah menjadi petunjuk bahwa gunung ini memang benar-benar sulit untuk ditaklukkan, terutama oleh pendaki pemula. Dimulai dari titik awal pendakian saja, para pendaki langsung disuguhi jalur yang menanjak. Jalur ini akan terus naik dan terdapat jurang baik di sisi kanan maupun sisi kirinya.

Tidak main-main, bahkan untuk menaklukkan gunung yang satu ini diperlukan beberapa skil sekaligus, diantaranya ialah manajemen air, tali temali serta teknik panjat tebing. Karena itu, kalau kamu ingin mendaki gunung ini, pastikan kamu mempunyai tiga skil itu.

Tambahan lagi, kamu juga wajib menyiapkan peralatan mendaki yang lengkap. Jadi bukan cuma peralatan camping saja. Tapi peralatan untuk memanjat dan lain-lainnya harus kamu siapkan juga.

Gunung Raung adalah Bagian dari Pegunungan Ijen

Sejatinya, Gunung Raung merupakan gunung api yang masih aktif. Gunung ini ada dalam jajaran Pegunungan Ijen yang secara geografis terletak di 3 kabupaten yakni Bondowoso, Banyuwangi dan Jember.

Adapun gunung yang termasuk dalam Pegunungan Ijen ini ialah Gunung Suket, Gunung Ijen, Gunung Remuk, Gunung Merapi, Gunung Rante dan Gunung Raung itu sendiri. Dan diantara rangkaian Pegunungan Ijen itu, Gunung Raung inilah yang paling tinggi, yakni sekitar 3.344 mdpl.

Kaldera Gunung Raung Adalah yang Terbesar Kedua di Indonesia

Setelah mengalami letusan yang dahsyat beberapa waktu lalu, di bagian puncak Gunung Raung ada sebuah kaldera, yakni kawah raksasa yang kering dan ukurannya sangat besar. Saking besarnya, kaldera ini sampai dinobatkan sebagai kaldera yang terbesar kedua di Indonesia. Sedangkan yang terbesar pertama ialah Gunung Tambora yang ada di Nusa Tenggara Barat.

Kaldera Gunung Raung ini secara aktif masih mengeluarkan asap belerang serta sesekali menyemburkan api. Jika hendak diukur, kedalamannya mungkin mencapai 500 meter.

Gunung Raung Mempunyai 4 Puncak

Totalnya, Gunung Raung mempunyai 4 puncak sekaligus yaitu Puncak Sejati yang merupakan puncak tertinggi, Puncak Tusuk Gigi, Puncak 17 dan Puncak Bendera. Masing-masing puncak menyajikan pemandangan yang berbeda, maka dari itu kalau kamu berniat untuk mendaki gunung ini, pastikan untuk menaklukkan semua puncaknya ya.

Tapi ingat, pakai atribut keamanan yang lengkap karena Gunung Raung juga sering mengalami pergantian cuaca yang cukup drastis. Terutama di Puncak 17 dan Puncak Tusuk Gigi, kedua puncak ini cuma berupa tebing yang sempit saja sehingga kamu harus ekstra hati-hati.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Leave a Comment