Siapa Sangka 3 Tempat Wisata Edukatif Seru di Solo Ini Bekas Pabrik Gula

Membawa anak-anak ke tempat wisata seperti kebun binatang atau taman bermain sepertinya sudan terlalu biasa. Anak-anak juga akan merasa bosan jika hanya mengunjungi tempat yang sama terus menerus. Untuk itu kita sebagai orang tua tidak ada salahnya untuk mengajak anak ke tempat wisata edukatif yang tidak biasa.

Bukan kebun binatang bukan juga taman bermain melainkan mengunjungi bekas pabrik gula. Ya, destinasi wisata edukatif di Soloraya menyajikan hal yang berbeda karena menyulap bekas pabrik gula menjadi tempat yang menyenangkan untuk rekreasi.

Hal lain yang bisa didapatkan selain bermain anak-anak juga akan dikenalkan dengan peralatan dan proses pembuatan gula putih atau gula pasir yang selama ini mereka konsumsi. Kapan lagi bisa membuat anak-anak bermain sekaligus belajar dengan suasana yang menyenangkan. Kalau berminat untuk mengunjungi tempat wisata edukatif anak tersebut, inilah informasinya.

3 Pabrik Gula di Soloraya yang Menjadi Wisata Edukatif

Pabrik Gula Sondokoro, Tasikmadu, Karanganyar

Untuk kamu yang berdomisili di sebelah timur kota Solo bisa mencoba datang ke Sondokoro yang ada di Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar. Dari kota Solo kita bisa menempuh perjalanan ke arah timur sekitar 45 menit.

Bekas pabrik gula tersebut mulai dioperasikan sebagai tempat wisata sejak tahun 2006. Banyak wahana di Sondokoro yang bisa membuat anak-anak senang seperti kereta lori yang akan membawa mereka berkeliling area pabrik gula, beberapa binatang, kolam renang dan wahana permainan lainnya.

The Tjolomadoe, Colomadu, Karanganyar

Ini adalah tempat wisata yang masih relatif baru dan sedang trending. Di awal pembukaan The Tjolomadoe bahkan digunakan untuk konser penyanyi asal Indonesia yang sudah go internasional yaitu Anggun. Jika Sondokoro berada di Karanganyar wilayah timur maka The Tjolomadoe ada di bagian barat.

Lokasinya hanya 5 menit dari Bandara Adi Sumarmo, Solo. Kamu bisa menemukan banyak spot foto unik dengan latar belakang mesin pembuat gula dan bisa mencicipi makanan di restonya. Selain cocok untuk wisata edukatif anak tempat ini juga asik untuk hangout kawula muda.

The Heritage Palace, Gembongan, Sukoharjo

Selain The Tjolomadoe, wisata edukatif seru di bekas pabrik gula gembongan Kartasura ini juga masih bisa dibilang baru. Letaknya sangat dekat dengan terminal bus Kartasura, Bandara Adi Sumarmo, Transmart Solo dan juga kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Masuk ke dalam wilayah Kabupaten Sukoharjo, The Heritage Palace menyulap pabrik gula yang tidak terpakai lagi menjadi wahana wisata yang mirip dengan Museum Angkut yang ada di Malang, Jawa Timur. Berkunjung ke sini juga tidak sulit karena kamu bisa naik bis jurusan Solo – Semarang dan langsung turun di dekat lokasi.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Leave a Comment