Yuk, Berburu 6 Kuliner Betawi yang Mulai Sulit Ditemukan

Kekayaan kuliner Indonesia sangat beragam, sayangnya tidak semua kuliner mampu bertahan di tengah himpitan zaman. Banyaknya ragam kuliner modern serta kaum muda yang kurang mengenal makanan tradisional menjadikan banyak kuliner asli daerah mulai ditinggalkan. Contoh konkret makanan khas yang mulai langka adalah kuliner asli Betawi. Berikut ini kuliner Betawi yang sulit dijumpai.

Yuk, Berburu 6 Kuliner Betawi yang Mulai Sulit Ditemukan 1

Macam Kuliner Betawi yang Mulai Jarang Ada

Ketupat Babanci

Kuliner ini cukup melegenda. Nama Babanci berasa dari kata banci, sebutan banci merupakan suatu sayuran yang dimasak dengan campuran sayuran lainnya. Makanan ini tergolong langka, sebab pembuatannya membutuhkan beragam rempah-rempah yang sulit ditemukan. Salah satu rempah yang mulai jarang di dapat adalah buah jali-jali.

Gabus Pucung

Makanan ini bahan utamanya adalah ikan gabus. Makanan ini berkuah hitam dengan rasa rempah yang kental. Warna hitam dari kuah ikan ini berasal dari kluwek. Rasa gurihnya sangat pas jika disantap dalam keadaan hangat. Dahulu makanan ini termasuk dalam bagian tradisi ketika bulan puasa atau Idul fitri. Makanan ini sering dijadikan hantaran para anak Betawi kepada orang tuanya pada hari raya tersebut.

Sayur Besan

Kuliner ini merupakan bagian dari adat. Sayur ini sering jadi sajian saat ada acara pernikahan. Masakan ini terbuat dari soun, kentang, petai, ebi, dan terubuk. Semua bahan tersebut dimasak dengan kuah rempah yang sedikit kental. Makanan ini menjadi sulit dibuat karena salah satu bahan utama yakni terubuk sudah sulit untuk didapat.

Bubur Ase

Sama halnya dengan bubur pada umumnya, bubur ase menggunakan nasi sebagai bahan utama pembuatan bubur. Keunikan terletak pada campuran tetelan, kentang, tahu, serta di siraman kuah semur. Pelengkap dari bubur ini adalah asinan Betawi yang segar. Bubur ini dahulu banyak dijual pedagang keliling, kini makanan ini sudah jarang bisa dijumpai di ibu kota.

Gorengan Kambing

Berbeda dari namanya, gorengan kambing dari masakan Betawi merupakan hidang berbahan kambing dengan kuah yang gurih. Masakan ini dibuat dengan bahan berupa jeroan kambing, babat kambing, dan daging kambing. Irisan bahan tersebut lalu dimasak dalam kuah gulai kental dengan warna kuning kemerahan. Masakan ini sangat sulit di dapat di era modern ini.

Pecak Lele Betawi

Pecak ini punya cita rasa dan penyajian yang sedikit unik, makanan ini masih bisa ditemukan akan tetapi sudah mulai jarang. Dalam masakan ini ikan lele akan diolah dahulu dengan cara digoreng atau dibakar. Setelah itu lele akan disiram kuah bumbu pecak yang dibuat dari cabai, bawang merah, kacang tanah tumbuk, dan jahe. Masakan ini biasanya dihidangkan dengan nasi dan daun kemangi.

Saat berkunjung ke Jakarta jangan lupa untuk mencoba santapan Betawi yang kaya rempah dan gurih nikmat. Masakan Betawi tertentu ada yang sudah jarang di jumpai, baik karena bahan yang langka atau penjualnya sangat sedikit. Kuliner Betawi yang mulai langka adalah bubur ase, gabus pucung, ketupat babanci, dan lainnya. Jika beruntung menemui makanan ini jangan ragu untuk memesan.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]
0 Shares

Leave a Comment